Akhiri Masa Jabatan,

Angka Kepuasan Obama Tetap Tinggi

FOTO | REUTERSPresiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama meninggalkan Gedung Putih dengan popularitas yang sama tinggi saat dia pertama menjabat 8 tahun lalu.

WASHINGTON DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama meninggalkan Gedung Putih dengan popularitas yang sama tinggi saat dia pertama menjabat 8 tahun lalu. Usai mengakhiri masa jabatannya, Obama mengaku ingin hidup tenang dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan dua putrinya.

Seperti dilansir AFP, Kamis (19/1/2017), hasil polling terbaru menunjukkan Obama masih memiliki angka popularitas tinggi di mata warga AS, sementara presiden dari Partai Demokrat ini bersiap menyerahkan jabatan pada Presiden terpilih Donald Trump.

Polling yang dirilis oleh CNN/ORC pada Rabu (18/1) waktu setempat, menunjukkan sebanyak 60 persen warga Amerika mengaku puas atas kinerja Obama yang menjabat sejak tahun 2009. Angka ini tercatat sebagai yang tertinggi sejak Juni 2009.

Angka itu tergolong sebagai salah angka tertinggi di antara presiden-presiden AS saat mengakhiri masa jabatannya. Obama berada di belakang Bill Clinton yang mendapat 66 persen angka kepuasan saat mengakhiri jabatan pada Januari 2001 dan Ronald Reagan yang mendapat 64 persen angka kepuasan saat lengser pada Januari 1989.

Dalam polling yang sama, nyaris dua pertiga atau 65 persen warga AS menganggap kepresidenan Obama sukses.

Obama akan resmi mengakhiri masa jabatannya pada Jumat (20/1) siang waktu AS, saat Trump menyatakan sumpah jabatan sebagai Presiden AS ke-45. Dalam konferensi pers terakhirnya di Gedung Putih pada Rabu (18/1) waktu setempat, Obama menyebut dirinya akan mundur dari kancah politik, namun tak segan bersuara keras jika dia menemukan nilai-nilai penting AS terancam.

Terlepas dari itu, Obama mengaku ingin lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarganya. "Saya ingin menulis, saya ingin tenang untuk sementara waktu dan tidak berbicara banyak lagi. Saya ingin menghabiskan waktu yang berharga dengan putri-putri saya," ucap Obama.

Sumber:detik.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...