April

Kebijakan Bebas Visa Dievaluasi

FOTO | KOMPAS.COMBandara I Gusti Ngurah Rai di Bali.

JAKARTA - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan kebijakan bebas visa akan dievaluasi pada bulan April mendatang. Hal itu disampaikan di sela-sela acara penyelenggaraan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2017 di Singapura, pekan lalu.

"Visa free kita sudah sepakat waktu itu untuk dievaluasi setahun setelah pemberlakuan 169 negara. Itu jatuhnya bulan April 2017," kata Arief.

Menurutnya, kebijakan bebas visa dievaluasi dalam segi jumlah negara. Ia mengatakan sejauh ini kebijakan bebas visa telah berkontribusi sebanyak 20 persen pada pertumbuhan pariwisata Indonesia.

"Kita harus outward looking membandingkan dengan negara lain. Singapura dan Malaysia itu bebas visa lebih dari 150 negara," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, berbagai pihak mengusulkan evaluasi kebijakan bebas visa yang diberikan oleh Indonesia. Kebijakan bebas visa dianggap tak menguntungkan untuk Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan kebijakan bebas visa justru dijadikan pintu masuk tenaga kerja asing ilegal dari banyak negara.

Ia mengatakan kebijakan bebas visa juga dimanfaatkan untuk mengedarkan narkoba dan masuknya orang-orang yang diduga telibat terorisme internasional.

Sumber:kompas.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...