Islamic Boarding School

Ar Rohmah Gelar Ujian Terbuka Tahfiz Alquran

Tahfiz Al Quran
ISTTahfiz Al-Quran

Malang - Sekolah Islam Terpadu (Islamic Boarding School) Ar Rohmah Putri, Malang, menggelar ujian terbuka atau imtihan tahfiz Alquran dan hafalan hadis Arba'in Nawawi. Kegiatan berlangsung di Pondok Pesantren (Ponpes) Ar Rohmah Putri, Dau, Malang, Jawa Timur.

"Kegiatan ini adalah capaian para belajar para santriwati kami selama mengikuti proses belajar di Ponpes Ar Rohmah," kata Ketua LPI Ar Rohmah Putri, Rully Cahyo Nufanto, Minggu (5/2/2017).

Rully menyebutkan, apa yang telah dicapai oleh para santri adalah awal dari keberhasilan mereka. Dia berharap para santri terus meningkatkan kemampuannya dalam menghafal Alquran maupun hadis-hadis Rasulullah SAW.

"Selain ujian terbuka menghafal Alquran dan hadis-hadis nabi, para santri harus mengikuti ujian-ujian lain dalam menyelesaikan pendidikannya, baik ujian diniah maupun ujian akademik," kata Rully.

Ponpes Ar Rohmah Putri berada di bawah ormas Hidayatullah, dengan membina lebih dari 1.000 orang santri, baik untuk jenjang SMP maupun SMA. Selain kelas tahfiz, Ar Rohmah Putri juga memiliki kelas reguler pendidikan umum yang juga mewajibkan santrinya mampu sejumlah juz Alquran.

Di Malang, ormas Hidayatullah memiliki sejumlah lembaga pendidikan, termasuk SD dan taman kanak-kanak. Hidayatullah juga memiliki Ponpes Ar Rohmah Putra, yang lokasi sekolahnya terpisah dari Ar Rohmah Putri.

Dalam imtihan kemarin, ikut serta dalam ujian sebanyak 202 santri setingkat SMP, baik kelas tahfiz dan nontahfiz. Untuk santri tingkat SMA, kata Wakil Kepala Madrasah Diniah Utifah Kamila, akan dilaksanakan April mendatang. "Waktu imtihan kami pisah, agar kegiatan bisa selesai dalam sehari," kata Utifah.

Komentar

Loading...