Dinding Perbatasan Trump akan Habiskan Biaya Rp 280 Triliun

Dinding perbatasan Trump
VOAArah perbatasan Amerika menuju Meksiko

Washington - Dinding perbatasan yang digagas Presiden, AS Donald Trump di sepanjang perbatasan AS-Meksiko diperkirakan akan menghabiskan biaya sebanyak 21,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp 280 triliun. Departemen Dalam Negeri AS melaporkan, pembangunan dinding itu dapat memakan waktu selama 3,5 tahun.

Laporan tersebut memberikan perkiraan biaya yang jauh lebih tinggi daripada perkiraan biaya yang disampaikan Trump sebesar 12 miliar dolar AS atau sekitar Rp 156 triliun. Sementara, Ketua DPR Paul Ryan dan pemimpin Senat Mitch McConnell memperkirakan dinding akan menghabiskan dana 15 dolar AS atau Rp 195 triliun.

Laporan akan disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri, John Kelly, dalam beberapa hari mendatang. Meski demikian, pemerintah AS belum tentu akan menerima rekomendasi dari laporan itu.

Rencananya, dinding perbatasan akan dibangun dalam tiga tahap sepanjang 2.000 km hingga akhir 2020. Saat ini, dinding lama sudah dibangun sepanjang 1.046 km dan akan diperpanjang hingga seluruh perbatasan.

Tahap pertama pembangunan akan menargetkan jalur perbatasan sepanjang 42 km di dekat San Diego, California; El Paso, Texas; dan Rio Grande Valley, Texas.

Tahap kedua pembangunan dinding akan meliputi jalur sepanjang 242 km sekitar Rio Grande Valley; Laredo, Texas; Tucson, Arizona; El Paso, Texas, dan Big Bend, Texas. Sedangkan, tahap ketiga meliputi 1.728 km, sisa dari seluruh pembangunan.

Dengan adanya laporan ini, Departemen Dalam Negeri diasumsikan akan mendapatkan dana dari Kongres pada April atau Mei mendatang. Dengan demikian pembangunan dapat dimulai pada September.

Trump mengatakan, Kongres harus mendanai pembangunan awal dinding perbatasan dan Meksiko akan menggantinya. Namun, Meksiko telah menyatakan penolakan untuk membayar dana pembangunan dinding.

Selain memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan, laporan ini juga menjabarkan hambatan pembangunan dinding. Hambatan yang telah diperhitungkan adalah medan berat seperti pegunungan yang tanahnya tidak layak dibangun.

Kebanyakan jalur perbatasan tidak dapat diakses melalui jalan darat. Selain itu, pemerintah AS harus membeli tanah-tanah pribadi yang membuat pembiayaan membengkak.

Pemerintah AS juga harus memenuhi persyaratan International Boundary and Water Commission, pakta kesepakatan AS-Meksiko atas perairan bersama. Laporan tersebut memperkirakan kesepakatan saja bisa menghabiskan biaya dari 11 juta dolar AS sampai 15 juta dolar AS per mil dalam satu area.

Sumber:republika.co.id
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...