Nasi yang Dimasak dengan Air tidak Cukup Bisa Menjadi Racun

Nasi
THINKSTOCKPHOTOS,COMNasi

Apakah Anda yakin bahwa air yang kamu gunakan untuk memasak nasi selama ini sudah cukup? Nasi yang dimasak dengan air cukup adalah nasi yang matang sempurna dan memiliki tekstur cukup lembut saat matang. Biasanya, saat memasak 2 gelas beras, maka air yang dibutuhkan adalah 2 kali lipatnya bahkan lebih. Mulai saat ini, usahakan agar memasak nasi dengan air yang cukup ya. Kenapa?

Dikutip dari laman laman Asian Town, beras atau nasi yang dimasak dengan air kurang rasanya cenderung tidak enak, membuat sistem pencernaan kurang nyaman dan yang lebih parah bisa meningkatkan risiko keracunan. Para ahli kesehatan mengungkapkan jika nasi yang dimasak dengan air kurang bisa menyebabkan timbulnya senyawa berbahaya akibat sisa pestisida atau obat-obatan lainnya.

Selain itu, nasi yang tidak dimasak dengan air cukup bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan tubuh. Profesor Andy Meharg, seorang ahli dari Queens University Belfast mengungkapkan jika nasi yang dimasak dengan kadar air kurang bisa memicu timbulnya berbagai zat kimia berbahaya penyebab risiko kanker hingga stroke. Ini mengingat bahwa nasi yang dimasak menyebabkan penguapan air.

Hampir sama dengan kentang dan roti yang dimasak dengan cara dipanggang, beras yang dimasak dengan kadar air yang kurang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Memang, sekilas makanan-makanan ini tidak bermasalah dan baik-baik saja buat kesehatan. Namun, jika makanan ini dikonsumsi dalam jangka waktu lama dan terus menerus, ini bisa menjadi pemicu utama risiko berbagai penyakit khususnya kanker.

Di samping nasi yang dimasak dengan air tidak cukup dan menyebabkan racun, beras yang tidak dicuci bersih juga bisa menyebabkan berbagai risiko penyakit. Disarankan agar sebelum benar-benar dimasak, beras dicuci minimal sebanyak 2 kali dan maksimal sebanyak 5 kali tergantung kotor dan tidaknya beras. Mencuci beras hingga bersih sebelum dimasak bertujuan agar sisa pestisida atau bakteri dan kuman yang tersisa bisa dihilangkan dengan baik.

Jadi, agar beras yang Anda masak rasanya enak dan tidak berubah jadi racun setelah jadi nasi, usahakan untuk selalu memasaknya dengan air yang cukup. Pastikan untuk mencuci beras hingga bersih pula. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber:vemale.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...