Ibu Hamil

Ngidam Boleh, Asal Hindari 4 Makanan Ini

Ibu Hamil
THINKSTOCKPHOTOS.COMIbu Hamil

Banda Aceh - Saat hamil seringkali timbul rasa keinginan untuk makan makanan yang tidak biasanya wanita inginkan. Rasa ingin ini biasa disebut ngidam. Hal ini wajar, karena saat hamil akan ada perubahan hormon. Ngidam sendiri umum terjadi saat trimester pertama. Ngidam boleh saja, tapi anda harus tahu ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat ngidam.

Berikut adalah 4 makanan yang harus dihindari saat ngidam. Mari, cek penjelasannya sebagai berikut.

1. Makanan yang Terlalu Banyak Pewarna
Saat hamil kebutuhan nutrisi memang harus dipenuhi. Mudah lapar dan inginnya makan berbagai jenis makanan adalah hal yang wajar. Ngidam camilan yang enak boleh saja, tapi sebaiknya Anda hindari makanan yang mengandung bahan pewarna yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan. Pewarna makanan yang berlebih dapat menyebabkan sakit kepala.

2. Minuman yang Bersoda
Minuman bersoda mengandung gula tinggi. Jika dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan diabetes. Tidak hanya itu, mengonsumsi gula berlebih saat hamil dapat menyebabkan obesitas pada ibu dan janin akan kelebihan berat badan. Jadi sebaiknya hindari minum-minuman yang mengandung soda.

3. Makanan yang Mengandung Penyedap
Makanan yang mengandung garam dan MSG tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang tinggi akan mengganggu kesehatan ibu dan janin. Maka menghindari makanan yang terlalu asin dan banyak penyedap sangat disarankan bagi ibu hamil.

4. Makanan yang Berkalori Tinggi
Meskipun sedang hamil bukan berarti kebutuhan kalori Anda harus berlipat ganda. Untuk memenuhi kebutuhan kalori selama hamil sebaiknya konsultasikan bersama dokter. Kebutuhan kalori setiap ibu berbeda, untuk itu menanyakan langsung kepada ahlinya sangat disarankan.

Demikian 4 makanan yang harus dihindari saat hamil dan ngidam. Ingin boleh, tapi tetap yang wajar dan yang terpenting keinginan Anda jangan sampai mengganggu kesehatan Anda dan Janin. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber:vemale.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...