Ratusan Ribu Warga Iran Kecam Trump

Demonstrasi warga Iran
The Boston GlobeDemonstrasi warga Iran (Ilustrasi)

Taheran - Ratusan ribu warga Iran turun ke jalan, Jumat (10/2/2017), untuk merayakan 38 tahun usia revolusi 1979. Mereka turun meneriakkan slogan perlawanan terhadap AS dan Israel.

Dengan membawa spanduk bertuliskan "Mampus Amerika" dan gambar Trump, warga Iran di Teheran berjalan menuju alun-alun Azadi (Kebebasan).

Pemimpin Spritiual Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei pada Selasa menyeru warga Iran ambil bagian dalam unjuk rasa, yang menunjukkan Iran tidak takut pada ancaman AS.

"Amerika dan Trump tidak bisa mengutuk. Kami siap mengorbankan nyawa kami demi pemimpin kami, Khamenei," kata seorang remaja pria Iran kepada televisi pemerintah.

Pada pekan lalu, Trump memberikan Iran catatan sebagai reaksi atas uji coba peluru kendali pada 29 Januari 2017 dan menimbulkan sanksi baru, baik terhadap pribadi maupun kelompok.

Iran menyatakan bahwa pihaknya tidak akan menghentikan program rudal tersebut. Sikap pragmatis Presiden Hassan Rouhani juga diteriakkan dalam aksi bersama ratusan ribu warga Iran pada hari Jumat itu untuk menunjukkan bahwa mereka tidak akan memutus hubungan dengan Pemimpin Agung dan Republik Islam Iran.

Sumber:republika.co.id
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...