Benarkah Berjalan Naik Tangga Bisa Menurunkan Risiko Jantung?

berjalan naik tangga
ISTBerjalan naik tangga

Mediaaceh.com - Selain menjaga pola hidup yang sehat, konsumsi makanan yang memang menyehatkan, memiliki istirahat dan minum air putih cukup, salah satu hal yang bisa membuat tubuh makin sehat adalah olahraga. Tak perlu yang berat-berat, berbagai olahraga ringan seperti jalan kaki dan naik turun tangga sudah bisa bantu kamu dapatkan tubuh sehat, sendi kaki yang kuat dan jantung yang terhindar dari berbagai risiko mematikan.

Dikutip dari laman boldsky.com, sampai saat ini risiko jantung menjadi salah satu risiko paling berbahaya, ditakuti dan mematikan di dunia. Tidak sedikit orang yang akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya akibat serangan jantung. Mengenai risiko sakit jantung, sebenarnya ada banyak hal kenapa risiko jantung bisa menyerang. Penyebab tersebut antara lain adalah karena pola hidup yang tidak sehat, menumpuknya lemak dan kolesterol serta kurangnya olahraga atau gerak tubuh.

Profesor Martin Gibala di McMaster University di Kanada mengatakan, "Risiko jantung adalah risiko paling berbahaya. Ini bisa menyerang siapa saja dan di mana saja. Risiko ini sebenarnya bisa dicegah dengan olahraga, pola hidup sehat dan istirahat cukup. Satu lagi yang sangat membantu mencegah risiko jantung adalah berjalan naik turun tangga atau tempat yang menanjak."

Sebuah studi terbaru menemukan jika berjalan naik dan turun tangga sedikitnya sebanyak 70 menit setiap minggu bisa membuat tubuh makin bugar dan terhindar dari risiko jantung. Aktivitas ini juga memungkinkan kita memiliki otot kaki yang lebih kuat, paru-paru yang sehat dan sistem pernafasan yang baik.

Penelitian yang dimuat di Jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise mengungkapkan jika berjalan di tangga selama 10 menit setiap hari sama dengan jalan kaki selama 30 menit. Manfaat jalan di tangga ini sangat mengagumkan. Risiko jantung bisa dicegah dengan baik dan kesehatan tubuh lainnya juga akan terjaga. Aktivitas ini juga bisa bikin berat badan menjadi lebih ideal, kencang dan rendah risiko obesitas.

So, buat Anda yang ingin punya jantung sehat, mulai saat ini jangan malas buat jalan dengan naik atau turun tangga ya. Selain sangat sehat buat fisik, ini dipercaya juga bisa membuat pikiran makin fresh dan bahagia. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber:vemale.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...