Pilkada Aceh 2017

Ini Larangan KIP dan Panwaslih Aceh di Masa Tenang

FOTO | MEDIAACEH.COKomisi Independen Pemilihan Aceh

BANDA ACEH - Memasuki masa tenang menjelang hari H Pemilihan Kepala Daerah Aceh pada 15 Februari 2017, Komisi Independent Pemilihan (KIP) Aceh mengimbau seluruh pasangan calon untuk menjaga situasi agar tetap kondusif hingga hari pencoblosan tiba.

"Kepada seluruh pasangan calon dan tim kampanye agar mematuhi seluruh aturan tetang kampanye dan pemungutan, perhitungan suara," kata Ridwan Hadi, dalam konferensi pers yang berlangsung di Media Center KIP Aceh, Minggu 12 Februari 2017.

Ridwan Hadi menjelaskan, selama masa tenang (12-14 Februari) pasangan calon dan tim kampanye dilarang melaksanakan kampanye dalam bentuk apapun. Selain itu, pasa saat pemungutan suara juga dilarang menggunakan atau membawa atribut yang memuat nomor, nama, foto pasangan calon dan simbol lain atau gambar politik.

"Dilarang menggunakan telepon genggam dan alat perekam gambar lainnya di bilik suara," ujarnya.

Sementara itu, ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh, Samsul Bahri juga mengimbau agar pasangan calon, tim kampanye, atau lainya untuk tidak mengadakan kegiatan kampanye di luar jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU Provinsi/KIP Aceh atau/KIP Kabupaten/kota.

"Segela bentuk kegiatan atau metode kampanye seperti kegiatan pertemuan terbatas tatap muka dan dialog maka itu dilarang pada saat masa tenang" katanya.

Jika ada yang melanggar, sesuai dengan PKPU RI Nonor 4 Tahun 2016 tentang Perubahan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota maka akan dikenakan sanki sesuai aturan berlaku.

"Apabila melanggar ketentuan tersebut maka akan dikenai sanksi pembatalan sebagai calon oleh KIP," jelanya.

Sumber:mediaaceh.co
Rubrik:AcehNews

Komentar

Loading...