Tgk. H. Muharuddin, S.Sos.I

Dorong Kampus Kaji Lebih Lanjut Keberadaan Suku Mante

FOTO | ACEHIMAGE.COMKetua DPR Aceh | Tgk. H. Muharuddin, S.Sos.I

BANDA ACEH - Dalam sepekan terakhir, masyarakat Aceh dihebohkan dengan kemunculan video manusia berperawakan kecil yang diduga dari suku Mante di belantara hutan Aceh.

Kemunculan sosok mahkluk kecil tersebut terjadi pada pekan lalu. Saat itu komunitas motor trail dari Banda Aceh, sedang berpetualang menyusuri belantara hutan, namun tiba-tiba muncul sosok makhluk kecil yang berlari cukup kencang.

Menyikapi maraknya pembahasan keberadaan orang yang diduga suku mante itu, Ketua DPR Aceh Muharuddin mengatakan perlu dilakukan riset lebih mendalam untuk membuktikan apakah benar suku Mante masih ada di Aceh.

Politisi muda Partai Aceh ini bahkan mendorong Pemerintah Aceh melalui dinas terkait dan kampus untuk melakukan kajian lebih lanjut terkait keeradaan suku Mante ini.

“Saya terkejut juga kemarin melihatnya di youtube. Maksudnya kok masih ada, karena dulu kita pernah dengar-dengar juga. Maka saya fikir untuk membuktikan itu harus dilakukan riset, baik oleh Unsyiah atau pemerintah Aceh,”ujarnya.

Muharuddin menyebutkan, keberadaan suku Mante ini harus dikaji lebih serius dengan pembuktian-pembuktian secara ilmiah oleh dinas teknis. Namun demikian ia berharap jika benar ada, maka suku ini harus dilindungi.

“Artinya mereka adalah asset Aceh yang juga harus dilindungi, dan jangan sampai kita mengusik keberadaan mereka,”lanjutnya.

Sementara itu Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh Mulyadi Nurdin mengakui, Pemerintah Aceh akan melakukan penelitian untuk mencari tahu apakah sosok tersebut benar-benar suku Mante atau bukan. Pasalnya, selama ini suku yang disebut-sebut dalam legenda rakyat pernah mendiami Aceh itu dianggap sudah tidak ada.

Penulis:Tim
Editor:AK Jailani
Photographer:ACEHIMAGE.COM
Rubrik:AdvertorialDPR Aceh

Komentar

Loading...