Ini Datanya

Kim Jong-un Impor Alkhol Mewah saat Rakyat Menderita

FOTO | REUTERSDiktator muda Korea Utara (Korut) Kim Jong-un terungkap impor minuman alkohol mewah dari Eropa senilai miliaran rupiah, sementara rakyatnya hidup menderita.

PYONGYANG - Diktator muda Korea Utara (Korut) Kim Jong-un tak bisa meninggalkan gaya hidup mewahnya meski kondisi rakyatnya sedang menderita kekurangan pangan. Dari data impor terungkap, pemimpin Pyongyang ini mengimpor alkohol mewah dari negara-negara Barat yang harganya mencapai miliaran rupiah.

Kim Jong-un diketahui telah mengimpor keju, anggur, wiski dan beberapa minuman alkohol mewah dari negara-negara Eropa dan Amerika Serikat (AS). Khusus impor alkohol mewah dari AS mulai berhenti sejak tahun lalu setelah Korut berseteru dengan AS.

Minuman alkohol mewah AS yang digemari diktator Pyongyang ini adalah minuman merek Jim Beam dan Jack Daniel. Minuman alkohol mewah lainnya dari Jerman, Denmark, Rusia, Italia dan Spanyol juga dia gemari.

Kim Jong-un juga suka mengonsumsi keju Emmental dari Swiss dan susu dari Italia. Data itu bersumber dari Trademap—penyaji data impor dan ekspor di seluruh dunia. Menurut data tersebut, Kim Jong-un menghabiskan 48.000 poundsterling hanya untuk membeli keju khas Eropa.

Pada tahun lalu, dia juga mengimpor kopi Brasil senilai 715.000 poundsterling. Nilai impor ini melonjak tinggi dibanding tahun 2015 yang mencapai 60.000 poundsterling.

Gaya hidupnya kontra dengan penderitaan rakyat Korut. Menurut data PBB, lebih dari 2 juta rakyat Korut berjuang untuk mendapatkan pasokan makanan yang layak.

Masih menurut PBB, hampir sepertiga anak balita di Korut terhambat pertumbuhannya karena kekurangan gizi. Sekitar 20 persen ibu hamil dan menyusui juga krisis gizi.

Phil Robertson, Deputi Direktur Asia Human Rights Watch, menyerukan agar Kim Jong-un diadili atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan.”Pemerintah Korut dan para pemimpinnya harus menghadapi pengadilan atas kejahatan mereka, yang terus hingga hari ini,” ujar Robertson, seperti dikutip dari Daily Mirror, Sabtu (1/4/2017).

”Kami mendesak PBB untuk merespons positif terhadap rekomendasi dari sekelompok ahli independen tanpa penundaan,” lanjut dia.

Berikut ini data tagihan impor Kim Jong-un yang bersumber dari Trademap;

127.000 Poundsterling (Rp2,1 miliar) untuk minuman keras Jerman
107.000 Pondsterling (Rp1,7 miliar) untuk minuman dari Denmark.
38.000 Poundsterling (Rp634 juta) untuk minuman beralkohol dari Rusia.
74.000 Poundsterling (Rp1,2 miliar) untuk anggur Jerman.
18.000 Poundsterling (Rp300,5 juta) untuk keju terbaik Italia.
10.000 Poundsterling (Rp166,9 juta) untuk minuman plonk Spanyol.
48.000 Poundsterling (Rp801,4 juta) untuk bir premium dari Jerman.
6.000 Poundsterling (Rp100 juta) untuk minuman Carlsberg Denmark.
715.000 Poundsterling (Rp11,9 miliar) untuk kopi Brasil.

Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...