Musim pertama Pep Guardiola di Manchester City

Musim Ini Jadi Pelajaran untuk Guardiola

FOTO | ISTIMEWAPep Guardiola

MANCHESTER - Musim pertama Pep Guardiola di Manchester City ternyata tak semulus musim pertamanya di Barcelona dan Bayern Munich. Guardiola mengakui bahwa musim ini menjadi pelajaran berharga baginya.

Kekalahan 1-2 dari Chelsea pada (5/4/2017) lalu makin menjauhkan City dari titel Premier League. The Citizens kini tertinggal 14 poin di belakang Chelsea yang menjadi pemuncak klasemen. Dengan delapan laga tersisa, Guardiola menyebut peluang timnya untuk jadi juara sudah habis.

Fokus City sekarang adalah mengamankan tempat di Liga Champions musim depan. Selain itu, mereka juga masih punya laga semifinal Piala FA melawan Arsenal.

Kalau pun City berhasil menjuarai Piala FA, pencapaian tersebut tak sehebat apa yang dilakukan Guardiola di Barca dan Bayern pada musim pertamanya. Di Barca, Guardiola langsung meraih treble, sementara di Bayern dia mempersembahkan gelar ganda.

Guardiola memaklumi kalau publik punya ekspektasi yang sangat besar kepadanya. Manajer asal Spanyol itu pun yakin dirinya akan lebih baik lagi pada musim depan.

"Saya akan lebih baik, pastinya. Musim ini adalah pelajaran untuk saya," ujar Guardiola seperti dikutip Sky Sports.

"Wajar ketika Anda sudah menjalani tujuh, delapan, atau sembilan tahun sebagai manajer, lalu Anda melewati satu musim di mana Anda tidak sesukses sebelumnya. Itu bisa terjadi. Anda belajar soal itu," imbuhnya.

"Saya tidak pernah membayangkan di Barcelona, Bayern, atau ketika saya tiba di sini saya akan benar-benar tahu segalanya. Saya berusaha untuk sebanyak mungkin beradaptasi. Saya melakukannya dan saya pikir kami akan jadi lebih baik," kata Guardiola.

"Saya merasa kami sekarang sudah lebih baik, jadi ini musim yang makin menarik bagi saya sebagai seorang manajer untuk berkembang dan menangani situasi semacam ini. Saya tak mengeluh, saya tak menyerah," tegasnya.

City akan menghadapi Hull City dalam lanjutan Premier League di Etihad Stadium, Sabtu (8/4/2017).

Sumber:sport.detik.com
Rubrik:Sport

Komentar

Loading...