Tips Diet Sehat untuk Bantu Melawan Depresi

FOTO | HealthyharlemIlustrasi

DEPRESI adalah gangguan mental yang bisa menyebabkan perasaan sedih berkepanjangan dan hilangnya minat. Kondisi ini juga memengaruhi pikiran, perilaku dan perasaan seseorang. Meskipun tidak ada makanan tertentu terbukti meringankan depresi, tetapi diet seimbang yang sehat dapat membantu mengurangi gangguan mental ini. Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia 2017 yang mengangkat depresi sebagai tema, berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu melawan depresi seperti dilansir Zeenews:

Buah dan Sayuran
Sertakan buah-buahan dan sayuran dalam diet harian. Hal ini karena asupan tersebut mengandung gula alami dan karbohidrat, tetapi rendah kalori yang membantu mengurangi depresi.

Kenari
Kenari mengandung tinggi asam lemak omega 3 yang membantu untuk mengurangi gejala depresi. Jadi, Anda bisa ngemil kenari untuk mencegah datangnya gejala depresi.

Lemak ikan
Lemak ikan seperti salmon atau tuna mengandung sifat boosting otak yang membantu melawan depresi. Makanan ini juga meningkatkan sirkulasi dan mengurangi peradangan, serta risiko penyakit jantung.

Susu Rendah Lemak
Produk susu rendah lemak seperti susu skim, yoghurt, keju rendah lemak, produk lainnya yang kaya kalsium, vitamin D, dan protein harus dimasukkan dalam diet harian Anda. Karena, asupan ini baik untuk kesehatan, termasuk memerangi depresi.

Biji-Bijian
Diet Anda harus mencakup biji-bijian dan karbohidrat sehat lainnya. Hal ini karena biji-bijian membantu mengurangi perubahan suasana hati, kecemasan, dan depresi.

Dark Chocolate
Dark chocolate dianggap sebagai salah satu makanan yang membantu melawan depresi. Karena, ngemil dark chocolate membantu melepaskan serotonin, melemaskan pembuluh darah dari sistem kardiovaskular dan meningkatkan mood.

Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...