Ini Penyebabnya!

Jadi Tukang Begadang dan Sulit Bangun Pagi

FOTO | ThesunIlustrasi

APAKAH Anda tipe orang yang tidur di tengah malam dan sulit bangun di pagi hari? Tidak Anda sendiri yang berusaha berjuang untuk terbangun di pagi hari.

Bila Anda bertanya apa alasannya, sulit terbangun di pagi hari disebabkan oleh mutsi genetik. Mutasi gen CRY1 memperlambat jam biologis internal tubuh.

Gen ini mendikte Anda untuk mengantuk di malam hari dan siap bangun di pagi hari. Bagi individu yang memiliki "varian sirkadian", hal ini menyebabkan mereka mudah terjaga di pagi hari.

Profesor Michael Young, pemimpin riset dari Rockefeller University menyebutkan, bila dibandingkan dengan mutasi gen lain yang telah dikaitkan dengan gangguan tidur dalam satu keluarga tunggal di seluruh dunia, perubahan genetik ini cukup berdampak.

Mutasi gen ini terjadi pada satu dari 75 orang. Fase tidur yang tertunda tersebut dikenal dengan istilah delayed sleep phase disorder atau DSPD.

Kebanyakan orang terbangun dengan tubuh yang energik, tetapi tidak bagi mereka yang memiliki DSPD. Mereka dipaksa bangun tidur untuk siap bekerja atau ke sekolah, dapat menyebabkan insomnia dan kelelahan harian.

Namun, Profesor Young mengatakan bahwa pasien DSPD mampu mengontrol siklus tidur mereka melalui jadwal yang ketat. "Hampir sama seperti berhenti merokok.

Ada hal-hal lain yang perlu diusahakan, sebelum kita menyembuhkannya dengan obat-obatan," tukasnya. Demikian dilansir dari laman Thesun.

Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...