Warga Turki Bersiap

Lakukan Referendum Konstitusi

FOTO | ISTIMEWADalam referendum ini warga Turki akan memilih untuk atau terhadap paket referendum, yang berisi 18 amandemen konstitusi.

ANKARA - Masyarakat dan pemerintah Turki dilaporkan tengah mempersiapan diri untuk melakukan referendum perubahan konstitusi. Referendum tersebut dijadwalkan akan digelar pada tanggal 16 April esok.

Melansir APA pada Sabtu (15/4), di sebagian besar Turki referendum akan digelar pada pukul 08:00 hingga pukul 17:00. Di Turki timur dan wilayah Laut Hitam, pemungutan suara akan mulai pada 7:00 dan berakhir pukul 16:00.

Sementara itu, warga Turki yang tinggal di luar negeri dilaporkan telah melakukan pemilihan beberapa waktu lalu. Hasil dari pemungutan suara di luar negeri akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman hasil pemungutan suara di dalam negeri.

Dalam referendum ini warga Turki akan memilih untuk atau terhadap paket referendum, yang berisi 18 amandemen konstitusi. Menurut amandemen ini, kantor Perdana Menteri akan dihapuskan dan sistem Parlementer akan digantikan dengan Presiden eksekutif dan sistem Presidensial.

Selain itu, berdasarkan perubahan ini jumlah kursi di Parlemen akan dinaikkan dari 550 kursi menjadi 600, persyaratan usia untuk maju sebagai calon dalam pemilihan Parlemen akan diturunkan dari awal 25 tahun menjadi 18 tahun, pihak berwenang dari Dewan Humum Yudisial akan berubah, dan sejumlah perubahan lain-lain

Dari tiga partai besar di Turki, dua diantaranya yakni Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) dan Partai Gerakan Nasionalis (MHP) mendukung penuh referendum ini. Sedangkan Partai Republik Rakyat (CHP) menentang.

Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...