Rapat Paripurna Khusus

Fraksi Golkar-PDA DPR Kota Banda Aceh Bubar

BANDA ACEH - Pasca Pilkada pemilihan walikota dan wakil walikota Banda Aceh periode 2017-2022 pada 15 Februari 2017 lalu, peta politik di DPR Kota Banda Aceh juga berubah signifikan.

Fraksi Golkar-PDA dipastikan bubar, setelah PDA menarik diri dan memilih bergabung dengan PPP untuk membentuk fraksi baru.
Sedangkan Golkar yang tidak mampu membentuk fraksi baru sampai batas waktu diberikan harus bergabung dengan fraksi Demokrat.

Disisi lain PAN dan PKPI juga menarik diri dari fraksi gabungan bersama PPP, yang kemudian membentuk fraksi baru yang terdiri dari PAN-PKPI dan Gerindra.

Sedangkan Gerindra sendiri sebelumnya bergabung bersama PKS juga menarik diri, akan tetapi keluarnya Gerindra dari fraksi PKS tidak berdampak apapun, mengingat fraksi PKS merupakan fraksi utuh, sama seperti fraksi Partai Aceh, fraksi Nasdem dan fraksi Demokrat.

Ketua DPR Kota Banda Aceh Arif Fadillah mengatakan, sikap yang diambil partai-partai politik pemilik kursi di DPR Kota Banda Aceh merupakan respon dari perkembangan politik pasca Pilkada Kota Banda Aceh 2017.

Selain itu kata Arif, perubahan komposisi fraksi di DPR Kota Banda Aceh juga disebabkan oleh adanya perbedaan dalam hal kebijakan-kebjakan di lembaga tersebut.

“Mungkin sudah tidak klop lagi dampak dari Pilkada kemarin, makanya koalisinya akan adanya koalisi lanjutan, dan itu lumrah,”ujarnya.

Terkait dengan pembubaran fraksi Golkar, Arif mengatakan hal itu merupakan proses dinamisasi pasca Pilkada Banda Aceh 2017. Dan Golkar bergabung ke Fraksi Demokrat yang merupakan fraksi utuh.

Pada kesempatan itu Arif juga meminta Sekwan DPR Kota agar segera menyurati fraksi-fraksi baru di DPRK untuk mengirimkan anggota fraksinya agar ditempatkan pada komisi-komisi di DPR Kota yang akan diparipurnakan pada Jum’at mendatang.

Fraksi dan Ketua

  • Fraksi Demokrat-Golkar diketuai oleh Royes Ruslan
  • Fraksi Nasdem Diketuai oleh Teuku Iqbal Djohan
  • Fraksi Partai Aceh diketuai oleh Bunyamin
  • Fraksi PKS diketuai oleh Irwansyah
  • Fraksi PAN-Gerindra-PKPI diketaui oleh Mahdi
  • Fraksi PPP-PDA diketuai oleh Ilmiza Sa’aduddin Djamal.
Editor:AK Jailani
Photographer:ACEHIMAGE.COM
Sumber:antero
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...