Pemerintah Kabupaten Aceh Timur

Lauching Raskin Gratis

ACEH TIMUR – Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melakukan launching beras miskin (Raskin) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam wilayah kabupaten Aceh Timur. Acara penyerahan tersebut dipusatkan di halaman Kantor Camat Darul Aman, Kamis (20/04/2017).

Biaya tebus beras miskin (Raskin) yang selama ini dibebankan kepada Kelompok Penerima Manfaat (KPM) raskin, maka mulai Januari 2017 hingga seterusnya akan ditanggulangi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur dalam Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK).

"Raskin ini bukan hanya diterima oleh penduduk miskin, tapi benar-benar membuat sejahtera orang-orang miskin, karena yang dulunya biaya tebus dibebankan kepada penerima raskin, tapi pendistribusian April 2017 gratis, sehingga Raskin untuk Aceh Timur namanya Beras Sejahtera (Rastra)," ujar Sekda Aceh Timur, M. Ikhsan Ahyat.

Digratiskannya raskin tersebut, lanjut Sekda Aceh Timur, dilatarbelakangi usulan Bupati/Wakil Bupati sebagai eksekutif pada pertengahan 2016 lalu dalam pembahasan anggaran Pemkab Aceh Timur. “Setelah mendapat persetujuan DPRK, kemudian raskin ini benar-benar dapat didistribusikan oleh pihak Bulog secara gratis kepada masyarakat miskin,” Ujar M. Ikhsan Ahyat.

Berdasarkan kontrak kerjasama antara kita dengan Bulog, ia juga menjelaskan bahwa Kelompok Penerima Manfaat (KPM) di Kab. Aceh Timur, mencapai 27.730 KPM yang tersebar dalam 513 desa di 24 kecamatan. "Penyaluran raskin tiap bulan mencapai 415.950 kilogram. Distribusi April meliputi penyaluran bulan Januari, Februari dan Maret. Selanjutnya akan disalurkan setiap akhir bulan," tambahnya.

"Harapan kita, pendistribusian raskin ini benar-benar tepat sasaran. Jika ada yang melakukan pungutan liar (pungli) dalam distribusi ini, maka konsekuwensinya besar yang harus ditanggung. Jadi, harapan kita mari kita dukung program ini, sehingga masyarakat miskin yang didaerah ini benar-benar sejahtera," pungkas M Ikhsan Ahyat.

Editor:AK Jailani
Sumber:Release
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...