Calon Kuat di Jabar,

Ini Peta Kekuatan RK dan Deddy Mizwar

FOTO | ILUSTRASI DETIK.COMIlustrasi

JAKARTA - Sejumlah nama populer disebut menjadi kandidat kuat sebagai calon gubernur Jawa Barat. Mereka adalah Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, Dedi Mulyadi dan Dede Yusuf. Peneliti Centre For Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes memberikan analisis terkait kekuatan keempat nama tersebut.

Menurut Arya, Ridwan Kamil kuat di kelas menengah, daerah urban serta masyarakat berpendidikan dan berpenghasilan tinggi. "RK misalnya kuat di Bandung Kota dan Bogor, kelompok pemilih muda dan ibu rumah tangga," kata Arya saat berbincang Minggu (30/4/2017).

Deddy Mizwar (Demiz) yang saat ini menjabat wagub Jabar, kata Arya memiliki basis dukungan yang kuat di daerah pedesaan. Ini karena latar belakang Demiz yang seorang artis sekaligus petahana.

Demiz juga memiliki kedekatan dengan Partai Gerindra dan PKS. "Prediksi saya Gerindra dan PKS akan mengusung Deddy Mizwar," kata Arya.

Selain Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar ada dua nama lagi yang cukup kuat yakni politikus Partai Demokrat Dede Yusuf dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

"Dede Yusuf karena dia calon dari Demokrat, dan Demokrat berpeluang menjadi kuda hitam di Jawa Barat karena eksperimen mereka cukup berhasil di Jakarta. Dede Yusuf kuat di kelas atas," papar Arya.

Dedi Mulyadi yang kini menjabat Bupati Purwakarta, kata Arya, juga memiliki dukungan kuat karena sudah bulat didukung oleh Partai Golongan Karya.

Namun, menurut Arya, meski keempat nama tersebut memiliki dukungan kuat kesuksesan mereka di Pilgub Jabar juga ditentukan oleh sosok calon wakil gubernur. Dia menyebut bahwa sosok cawagub ini menjadi vital karena akan mempengaruhi tingkat keterpilihan.

Dia mencontohkan di Pilgub Jabar 2013 lalu, sosok Deddy Mizwar turut mendongkrak perolehan suara Ahmad Heryawan. "Deddy Mizwar menyumbang elektoral selain kerja mesin partai," kata Arya.

Komentar

Loading...