Meditasi 10 Menit Saja

Bantu Anda Fokus dalam Melakukan Pekerjaan

FOTO | ILUSTRASIIlustrasi

HANYA 10 menit meditasi harian mampu membantu pikiran Anda tetap fokus. Cara ini terbilang efektif untuk mengurangi tingkat kecemasan Anda.

Peneliti dari University of Waterloo menemukan, meditasi mampu meningkatkan kesadaran dan mengurangi insiden kegelisahan berulang setiap harinya.

"Hasil menunjukkan, pelatihan kewaspadaan memiliki efek perlindungan pada pikiran yang berkeliaran, terutama untuk orang yang mudah cemas," terang Mengran Zu, kandidat peneliti.

Tim juga menemuukan, praktik meditasi membantu orang-orang mengatasi kecemasan dan kekhawatiran internal terhadap dunia eksternal. Meditasi meningkatkan fokus seseorang lebih baik dalam mengerjakan tugas-tugasnya.

Penelitian ini melibatkan 82 peserta yang mengalami kecemasan. Mereka diminta melakukan sebuah tugas di komputer. Sementara mereka bekerja, peneliti mengukur kemampuan mereka agar tetap fokus terhadap tugas yang dikerjakan.

Mereka membagi peserta ke dalam dua kelompok acak. Satu kelompok diberikan sebuah cerita audio untuk didengarkan. Sementara, kelompok lain diminta untuk melakukan meditasi singkat sebelum melakukan tugas yang sama.

"Pikiran yang berkeliaran menyumbang hampir setengah dari setiap arus kesadaran tiap orang," ujar Xu. Menurutnya, bagi orang-orang yang gelisah dan cemas, bisa berdampak negatif pada kemampuan mereka untuk belajar dan menyelesaikan tugas.

Studi tersebut ditulis oleh Profesor Psikologi Waterloo Christine Purdon dan Daniel Smilek dan Paul Seli dari Harvard University, diterbitkan dalam jurnal Consciousness and Cognition. Demikian disadur dari laman Thehealthsite, Kamis (4/5/2017)

Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...