Laki-laki dan Perempuan Sama Saja?

Ini Jawaban Ilmu Genetika

FOTO | ThinkstockIlustrasi

JAKARTA - Laki-laki dan perempuan bukan sekadar perbedaan jenis kelamin. Para ilmuwan baru-baru ini mengungkap ribuan perbedaan di antara keduanya.

Hasil pengamatan pada 53 jaringan tubuh menunjukkan, laki-laki dan perempuan memiliki lebih dari 6.500 perbedaan ekspresi gen. Jaringan tubuh yang diamati berasal dari 550 relawan.

Perbedaan-perbedaan tersebut antara lain ditemukan pada jaringan otot. Pada laki-laki, gen pembentuk massa otot diekspresikan lebih tinggi dibanding pada perempuan. Sebaliknya, gen untuk menimbun lemak lebih aktif pada perempuan. Demikian dikutip dari Livescience.

Beberapa perbedaan ekspresi gen juga berhubungan dengan respons pengobatan. Misalnya gen yang berhubungan dengan reaksi enzim di hati, teramati berbeda pada laki-laki dan perempuan. Ini berdampak pada proses detoksifikasi racun maupun sisa metabolisme obat.

Sebagian perbedaan ekspresi gen juga berhubungan dengan risiko penyakit. Misalnya pada otak, ada sebagian gen yang diekspresikan lebih tinggi pada perempuan. Diyakini, ini bisa menjelaskan fakta bahwa perempuan lebih terlindungi dari degenerasi sel-sel otak seperti pada Parkinson.

Komentar

Loading...