Keuchik Zainal

Sambut Peserta Gowes Pesona Nusantara

BANDA ACEH - Wakil Walikota Banda Aceh Zainal Arifin menyambut kedatangan peserta Gowes Pesona Nusantara di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Sabtu (13/5/2017). Tim yang berjumlah 15 orang ini akan bersepeda keliling Indonesia dengan titik start dari Kota Sabang. Rencananya, tim ini akan menginap semalam di Banda Aceh dan memulai start lagi pada Minggu (14/5) dari Tugu Simpang Lima.

Usai prosesi pengalungan karangan bunga, Zainal Arifin berkesempatan beramah-tamah dengan tim Gowes Pesona Nusantara sembari menikmati beragam penganan khas Aceh di ruangan VIP Pelabuhan Ulee Lheue. Turut mendampingi wakil wali kota antara lain, Kadispora M Hasbi, Kadishub Muzakir Tulot, dan Kabag Humas Setdako Banda Aceh Dody Haikal.

Ketua rombongan Raden Isnanta menyebutkan selain dari Sabang, rombongan pesepeda lainnya juga diberangkatkan secara serentak dari Kota Tarakan, Atambua, dan Merauke. “Peserta Gowes Pesona Nusantara 2017 nantinya akan finish di Magelang,” jelas Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora ini.

“Tim ini akan melintasi dan singgah di 90 kabupaten kota di Indonesia. Mereka juga akan mengambil air dan tanah dari setiap daerah yang disinggahi. Air dan tanah tersebut nantinya dibawa secara estafet oleh para pesepeda menuju Magelang sebagai tempat acara puncak Haornas pada 9 September 2017,” katanya.

Menurutnya, dengan kegiatan ini pihaknya ingin membuktikan olahraga sebagai alat pemersatu semua komponen masyarakat. “Olahraga juga sebagai alat untuk menjalin komunikasi sosial yang positif, dan menjalin persaudaraan. Bentuknya, dengan turun langsung ke lapangan sehingga tercipta interaksi yang tiada batas antar komponen bangsa.”

“Sesuai dengan tema besar kegiatan ini yakni ‘ayo olahraga’, kita juga ingin mengajak masyarakat untuk berolahraga. Harapannya kita dapat mencapai prestasi di bidang kesehatan. Selain itu, ajang ini juga ingin memperkenalkan destinasi-destinasi wisata di daerah karena branding Indonesia saat ini adalah sektor pariwisata,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Zainal Arifin mengungkapkan pihaknya menyambut dengan suka cita kedatangan tim Gowes Pesona Nusantara ke Banda Aceh karena tim ini merupakan tim pemersatu Indonesia. “Mereka bukan hanya sekedar tim olahraga dan wisata saja, namun lebih dari pada itu mereka ingin membuktikan bahwa Indonesia itu satu.”

“Selain menjunjung tinggi prinsip sportifitas, olahraga ternyata dapat mempersatukan bangsa kita. Program Menpora yang akan mengumpulkan seluruh air dan tanah se-Indonesia ini luar biasa dan harus kita dukung bersama. Semoga Indonesia akan tetap satu sepanjang masa,” harap pria yang kerap disapa Keuchik Zainal ini

Penulis:Jun
Editor:AK Jailani
Photographer:Jun
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...