Puasa

Bantu Mengatasi Penyakit Tekanan Darah Tinggi

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi

SEBAGAI umat Muslim harus bangga bisa menjalankan ibadah puasa. Karena manfaatnya bisa mengatasi penyakit degeneratif, termasuk tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Spesialis Gizi Klinis dr Tirta Prawitasari SpGK MSc mengatakan, puasa dapat membantu mencegah resistensi insulin. Secara langsung dapat memperbaiki metabolik.

"Hasil riset puasa bagus sekali. Puasa dapat membantu mengatasi hipertensi dan tidak secara langsung kadar metabolik tubuh jadi bagus," kata dr Wita dalam Diskusi Menyambut Ramadan Dampak Puasa Terhadap Kesehatan Manusia bersama LKMI PB HMI di kawasan Guntur, Jakarta Selatan.

Tidak hanya itu, puasa juga baik untuk menurunkan berat badan. Tapi Anda harus melakukannya dengan tepat, sesuai pola makan yang dianjurkan. Sayangnya, problem puasa menahan makan dan minum menjadi salah persepsi.

Ketika buka puasa banyak orang yang 'balas dendam'. Padahal ini sangat dianjurkan karena membahayakan sistem pencernaan. "Puasa bermanfaat jika pengendalian menahan dirinya tepat. Total asupan kalorinya 600-1000 kalori.

Itu yang harusnya kita makan," katanya. Dengan kondisi ini, ditarik kesimpulan bahwa puasa baik untuk menjaga kesehatan. Anda pun bisa terhindar dari penyakit di masa mendatang.

Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...