Lima Kiat Cerdas

Tetap Fit Selama Bulan Ramadan

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi

KETIKA berpuasa, umat Muslim tetap harus menjalani rutinitas ketat selama sebulan penuh. Kita harus bangun lebih pagi untuk makan sahur sebelum matahari terbit.

Begitu matahari terbit, semua umat Muslim menahan diri untuk tidak makan atau minum apapun. Setelah matahari terbenam, mereka berbuka puasa untuk menikmati berkah dan rezeki dari Allah SWT.

Karena ada periode yang panjang tidak makan dan minum, hal ini bisa menganggu sistem pencernaan. Fakta bahwa ini dilakukan selama sebulan penuh, maka bisa membuat tubuh Anda sulit pulih. Namun, berikut beberapa kiat cerdas agar tetap fit selama bulan Ramadan yang dikutip laman India:

Hindari Makanan Berat
Biasanya, orang makan makanan favorit mereka saat berbuka puasa, seperti hidangan manis atau daging karena kelaparan setelah berpuasa.

Namun, ini bisa memberi tekanan pada sistem pencernaan, bahkan menyebabkan kadar gula darah melonjak. Mulailah dengan mengonsumsi beberapa buah dan salad, Anda boleh mencicipi makanan manis tapi porsinya dikontrol.

Makan lebih sedikit di malam hari dan lebih banyak ketika sahur untuk energi menjalankan puasa. Minumlah banyak cairan, sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Hentikan Latihan Intens
Jika Anda suka berolahraga, maka ingin melanjutkan rutinitas latihan seperti biasa. Namun, itu tidak akan membantu, karena kurang energi untuk melakukannya.

Jadi, hindari melakukan latihan intens selama bulan Ramadan. Tapi, bukan berarti Anda perlu berhenti berolahraga, karena bisa melakukan kardio ringan seperti berjalan-jalan, berenang atau bersepeda. Meski begitu, kurangi waktunya hingga sekira 20-30 menit per hari agar tidak menghabiskan seluruh energi dalam sekali latihan.

Cobalah meditas
Tetap lapar selama berjam-jam bukan sesuatu yang bisa ditangani setiap orang. Karena Anda harus berpuasa selama satu bulan penuh, penting untuk menjaga agar pikiran tetap stabil.

Orang bisa mengalami perubahan suasana hati saat mereka tidak mendapatkan makanan, dan untuk mengekang ini, Anda bisa mencoba meditasi. Kapan pun Anda merasa lapar, mintalah sesi meditasi singkat untuk menenangkan diri.

Konsumsi Kurma dan Kacang Saat Sahur dan Berbuka
Ada alasan mengapa buah dan kurma merupakan bagian dari sahur. Hal ini karena kurma memberi Anda energi luar biasa yang dapat dimanfaatkan untuk beraktivitas.

Selain itu, kurma juga memberikan energi instan setelah berjam-jam berpuasa. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi kurma ketika sahur dan berbuka puasa, sehingga tubuh mendapatkan nutrisi, bukan hanya kalori.

Minumlah Cukup Cairan
Tubuh membutuhkan setidaknya 2 liter cairan agar berfungsi dengan baik. Karena Anda tidak akan minum saat berpuasa, penting melakukannya ketika sahur dan berbuka puasa. Minum air dan cairan lainnya juga seperti jus, susu, dan smoothies.

Sebaiknya minum cairan sebelum makan atau 30 menit setelah makan daripada di sela waktu makan, karena menghambat pencernaan.

Komentar

Loading...