Tips Puasa saat Hamil yang Aman dan Nyaman

FOTO | ILUSTRASIIlustrasi

KATA siapa ibu hamil dilarang puasa? Bila dirasa masih kuat dan tidak menyebabkan masalah, berpuasa malah baik untuk kesehatan ibu dan janinnya. Namun, memang berbeda dengan orang biasanya.

Bagi ibu hamil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila ingin berpuasa. Dipaparkan Dokter Spesialis Gizi Klinik Dian Permatasari, kesehatan tubuh dan janin ibu hamil harus diprioritaskan. Mulai dari makan sahur sampai berbuka puasa, semuanya harus dalam konteks yang tepat.

Terkait makanan sahur, Dian mengungkapkan, gizi yang baik harus benar-benar terpenuhi. Makanan kaya serat dan mineral harus dikonsumsi rutin selama berpuasa. "Kalau tidak begitu, akan berbahaya bagi si janin," terangnya, Senin 5 Juni 2017. Dian menyatakan, masalah yang banyak dihadapi ibu hamil adalah dehidrasi. Maka dari itu, asupan mineral cukup diperhatikan dengan baik.

Mengonsumsi air putih 2 gelas saat sahur adalah keharusan. Tak boleh ketinggalan adalah susu khusus ibu hamil supaya asupan gizi sang janin pun tetap terpenuhi. Ada hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu aktivitas. Bagi ibu hamil yang ingin berpuasa, Dian menyarankan untuk tidak banyak melakukan aktivitas yang menguras energi.

Sebisa mungkin menjaga kesegaran tubuh."Jangan dulu banyak mengeluarkan banyak tenaga. Bergerak seperlunya saja," katanya. Agar puasa tetap bisa berjalan dengan lancar tanpa ada masalah yang datang. Saat berbuka, ibu hamil harus pandai memilih menu makanan.

"Jangan rakus karena mikirin dua badan dalam satu raga," ucap Dian sedikit tertawa. Dia menyarankan untuk tetap memperhatikan asupan makanan. Sebab, berlebihan mengonsumsi makanan juga tidak baik.

Sumber:okezone.com
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...