Alquran dan Sains

Jelaskan Bulan Dahulu Memancarkan Sinar

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi

JAKARTA - Pada malam hari penduduk Bumi biasanya mampu melihat Bulan dengan mata telanjang. Bulan tampak terang karena memantulkan sinar dari matahari.

Buku ‘Sains dalam Alquran’ yang ditulis Nadiah Thayyarah mengungkapkan bahwa dahulu bulan bersinar kemudian Allah mematikan cahayanya.

"Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari kurnia dari Tuhanmu, dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan.
Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas," bunyi Surah Al Isra' Ayat 12. Ayat tersebut menunjukkan adanya suatu fakta ilmiah yang baru bisa diketahui umat pada abad ke-20, yaitu bahwa bulan pada mulanya adalah sebuah planet yang menyala.

Petunjuk Alquran mengenai hal ini cukup jelas. Para pakar astronomi akhir-akhir ini menemukan bahwa bulan pada awalnya menyala, kemudian cahayanya lenyap dan ia menjadi benda mati. Teleskop-teleskop canggih dan satelit-satelit buatan generasi pertama telah berhasil mengirimkan gambar-gambar terperinci mengenai bulan.

Melalui gambar-gambar itu, diketahui bahwa di bulan terdapat kawah-kawah gunung api, dataran-dataran tinggi, dan lubang-lubang besar. Melalui penelitian NASA, diyakini bulan telah terbentuk sejak 4,6 juta tahun yang lalu. Selama masa pembentukannya, bulan menerima hantaman bertubi-tubi dari meteor dan meteorid.

Karena suhu bulan saat itu sangat panas, terjadilah peleburan yang sangat dahsyat di permukaan bulan sehingga menyebabkan terbentuknya lubang-lubang besar yang dinamakan 'Maria' dan gunung-gunung tinggi dengan kawahnya yang dinamakan 'Craters'. Kemudian, kawah-kawah itu menumpahkan lahar-lahar dalam volume yang sangat besar dan lahar-lahar itu mengisi lubang-lubang besar tersebut.

Kemudian bulan menjadi dingin. Gunung-gunung di bulan menjadi tidak aktif dan lahar-lahar berhenti mengalir. Dengan demikian, matilah bulan dan tak terlihat nyalanya setelah sebelumnya menyala.

Sumber:okezone.com
Rubrik:Tekno

Komentar

Loading...