Siapa Sangka,

Air Hangat Menyimpan Banyak Manfaat!

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi

TUBUH manusia terdiri dari 70% air. Itu mengapa, air menjadi bagian yang penting bagi tubuh. Kasus yang paling mudah ditemui adalah dehidrasi. Kondisi tersebut terjadi akibat tubuh kekurangan cairan.

Dampak yang paling terasa adalah sakit kepala, badan lemas, dan bisa saja membuat Anda tak sadarkan diri. Nah, bicara mengenai air, ternyata air hangat mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Seperti dilansir dari Doctors Health Press, terungkap beberapa manfaat air hangat. Berikut paparannya:

1. Detoksifikasi
Air panas membantu membersihkan zat asing di dalam tubuh Anda. Dengan menambahkan jus lemon segar ke gelas pertama Anda di pagi hari, minuman itu bisa merangsang pencernaan. Hal itu juga bisa mempercepat pengeluaran racun. Aditif lain yang disarankan seperti mint segar, mentimun, madu, apel, atau batang kayu manis.

2. Memperbaiki Pencernaan
Minum air hangat merangsang pencernaan, sementara segelas air dingin butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan suhu tubuh. Air panas atau hangat diektahui membutuhkan sedikit energi dan waktu untuk mencerna makanan. Ini juga telah ditunjukkan dalam penelitian bahwa minum air dingin pada waktu makan akan membekukan minyak makanan, yang menciptakan timbunan lemak di usus Anda. Hal ini dapat menyebabkan kanker usus.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Dengan rutin mengonsumsi air hangat, bisa membantu menyingkirkan timbunan lemak di sekitar sistem saraf pusat Anda dan menjaga aliran darah bersih. Otot Anda juga akan merasakan dampak positifnya.

4. Meringankan Sembelit
Anda akan mengalami sembelit saat sistem tubuh mengalami dehidrasi. Nah, air hangat dipercaya mampu merangsang sirkulasi dan sistem pencernaan Anda. Karena itu juga, usus pun akan terjaga baik. Untuk meringakan sembelit, Anda hanya perlu mengonsumsi air hangat pada perut kosong di pagi hari.

5. Meredakan Nyeri Artritis
Merendam tubuh dalam air hangat atau menggunakan botol air panas bisa menenangkan rasa sakit dan nyeri pada artritis. Hal yang sama juga berlaku untuk bagian dalam tubuh kita, karena air hangat menenangkan sistem saraf pusat dan memperbaiki sirkulasi darah yang pada gilirannya membantu mengendurkan sendi Anda.

Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...