Mendagri:

Identitas Keislaman Harus Muncul di Aceh

BANDA ACEH - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta gubernur dan wakil gubernur Aceh periode 2017-2022, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah agar identias keislaman harus muncul di provinsi Aceh.

Penegasan itu disampaikan Mendagri saat memberikan sambutan dan arahan pada pelantikan Gubernur dan wakil gubernur Aceh periode 2017-2022 Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah di Gedung DPR Aceh, Rabu (05/07).

Mendagri meminta dalam pengelolaan penyelenggaraan pemerintahan harus memperhatikan kekhususan dengan sungguh-sungguh seperti pelaksanaan syariat Islam dan adat istiadat di Aceh. Ia meminta identitas keislaman harus muncul sebagai bagian dari kebhinekaan Indonesia.

“Saya mohon bapak gubernur untuk menjadikan Aceh serambi Mekkah yang benar, identitas Islam harus muncul di Aceh ini sebagai bagian dari kebhinekaan kita, ini harus ditumbuhkan, kami ingin setiap RT/Rw dan kecamatan harus ada masjid yang ahrus dibangun sebagai bagian dari kebhinekaan bangsa kita,”ujarnya.

Sementara itu terkait dengan pelantikan Irwandi-Nova, Mendagri mengingatkan bahwasanya jabatan adalah amanah yang akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah Swt. Menurutnya, Sekecil apapupun yang dibuat oleh gubernur dan wakil gubernur harus mampu dipertanggungjawabakan kepada masyarakat dan Allah swt.

Selain itu ia juga mengingatkan bahwasanya pemerintah mulai dari presiden sampa kepala desa harus satu dalam membangun tata kelola pemerintah dan taat kepada aturan-aturan yang ada.

Menurut Mendagri, suksesnya pemerintahan juga tidak hanya terletak pada cara memimpin seorang gubernur atau wakil gubernur akan tetapi juga membangun hubungan dengan DPR Aceh dalam upaya menyusun anggaran dan peraturan daerah serta menghargai fungsi penagwasan dari DPR Aceh.

“Dalam proses pengambilan keputusan harus melibatkan tokoh agama, tokoh adat, polisi, TNI, Jaksa, partai politik dan elemen masyarakat lain dan pers, ini harus dilibatkan dalam pengambilan kebijakan di Aceh ini,”lanjutnya.

Photographer:AK Jailani
Sumber:antero
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...