Hari Bakti TNI Angkatan Udara Ke-70

Lanud SIM Bersihkan Monumen Pesawat Hawk 200

ACEH BESAR - Dalam rangka peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara Ke-70 Tahun 2017 pada 29 Juli mendatang, Lanud Sultan Iskandar Muda dibawah arahan Kadispers Lanud Sultan Iskandar Muda Mayor Adm Elvan Zunaidi mewakili Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Suliono, melakukan pembersihan Monumen Pesawat Hawk 200 yang berada di Simpang Aneuk Galong, Sibreh Aceh Besar. Senin (24/7).

Menurut Kadispers Lanud Sultan Iskandar Muda, Pesawat Hawk 200 ini merupakan kebanggaan TNI Angkatan Udara yang kini menjadi ciri khas daerah Aneuk Galong sebagai bentuk penghargaan TNI Angkatan Udara kepada masyarakat Aceh guna mengenang penerbang pertama asal Aceh yaitu Sersan Mayor Maimun Saleh yang dimakamkan tidak jauh dari monumen tersebut.

Sekilas mengenai Sersan Mayor Maimun Saleh, katanya, seorang putra Aceh yang lahir di Aneuk Galong, 14 Mei 1929. Kemudian pada tahun 1949, Maimun Saleh diterima menjadi murid sekolah penerbangan di Koetaradja (Banda Aceh) yang dipindahkan ke sekolah penerbangan di Kalijati tahun 1950 dan berhasil memperoleh ijazah sebagai penerbang kelas 3 pada tahun 1951.

Maimun Saleh masuk Skadron IV (pengintai darat) dan ikut serta dalam semua operasi udara yang menjadi tugas tanggung jawab kesatuannya. Namun pada tanggal 1 Agustus 1952, Sersan Maimun Saleh yang menerbangkan pesawat intai Auster IV-R-80 mengalami kecelakaan dan gugur sebagai kusuma bangsa.

“Nilai historisnya sangat kental dalam dunia penerbangan khususnya TNI Angkatan Udara, sehingga kita sebagai generasi penerus harus menjaga nilai dan tempat bersejarah ini,” ujarnya disela-sela membersihkan lingkungan sekitar monumen.

Kegiatan yang dilakukan meliputi pemotongan rumput sekitar monumen, pengecatan tembok, pagar dan tugu monumen. “Mari kita ciptakan keindahan dan keasrian monumen ini sehingga masyarakat sekitarpun bangga memilikinya,” katanya seraya mengaja masyarakat sekitar turut menjaga kebersihan.

Penulis:Khairol Martua
Editor:AK Jailani
Photographer:Khairol Martua
Rubrik:AcehNews

Komentar

Loading...