Selama di Spanyol

Statistik Neymar vs Messi dan Ronaldo

FOTO | Getty Images.

JAKARTA - Salah satu alasan yang disebut-sebut melandasi kepergian Neymar dari Barcelona adalah Ballon d'Or. Menilik statistiknya selama di Spanyol, sudah bisakah Neymar mematahkan dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo?

Neymar baru saja menuntaskan kepindahannya dari Barca ke Paris Saint-Germain. Transfer tersebut memecahkan rekor dunia usai PSG menebus klausul rilis Neymar yang mencapai 222 juta euro (Rp 3,5 triliun).

Banyak yang menyebut motivasi Neymar pergi dari Barca adalah untuk lepas dari bayang-bayang Messi. Neymar ingin jadi protagonis demi memuluskan jalan menuju Ballon d'Or.

Selama sembilan tahun terakhir, penghargaan pemain terbaik dunia didominasi oleh Messi dan Ronaldo. Neymar sendiri pernah jadi finalis Ballon d'Or pada 2015, namun finis ketiga di belakang Messi dan Ronaldo.

Kini Neymar sudah membuka jalannya sendiri di PSG. Tak ada salahnya menilik kembali catatan statistik Neymar selama empat musim bersama Blaugrana dan membandingkannya dengan performa Messi dan Ronaldo di semua kompetisi di periode yang sama.

Berikut adalah rangkuman statistik dari Opta:

105 - Jumlah gol Neymar untuk Barcelona. Sebagai perbandingan, Messi mencetak 194 gol di periode yang sama sementara Ronaldo bikin 205 gol.

39 - Saat Barca memeangi treble pada 2014/2015, Neymar mencatatkan musim terbaiknya dengan 39 gol. Angka tersebut masih jauh dari Messi dan Ronaldo. Messi mencetak 58 gol, sementara Ronaldo 61 gol.

20 - Neymar hanya bikin 20 gol di semua kompetisi musim lalu. Sementara itu, Messi mencetak 54 gol dan Ronaldo mengemas 42 gol untuk membantu Madrid memenangi La Liga dan Liga Champions.

21 - Meski demikian, Neymar mengungguli Messi dan Ronaldo dalam hal assist selama 2016/2017. Neymar total mencatatkan 21 assist, jauh di atas Messi yang bikin 16 assist dan Ronaldo 11 assist.

59 - Secara keseluruhan, Neymar membuat 59 assist selama empat musim. Sementara Messi bikin 77 assist dan Ronaldo 61 assist di periode yang sama.

741 - Jumlah dribel sukses Neymar jauh dibandingkan Ronaldo (281) tapi juga masih kalah dari Messi (880).

288 - Dalam dua musim pertamanya di Barca, Neymar menciptakan 288 peluang. Dalam periode yang sama, Messi membuat 238 peluang dan Ronaldo cuma 168.

138 - Bagaimanapun, dalam dua musim terakhirnya, Neymar hanya menciptakan 138 peluang, masih lebih banyak daripada Ronaldo (131) tapi jauh dari Messi (227).

Sumber:sport.detik.com
Rubrik:Sport

Komentar

Loading...