Ustaz Bilang Pakai Pembalut Bikin Mandul,

Lalu Apa Kata Dokter?

FOTO | ISTIMEWAIlsutrasi

JAKARTA - Dalam sebuah tayangan di stasiun televisi swasta, seorang ustaz mengatakan, penggunaan pembalut saat menstruasi merupakan salah satu penyebab sulit punya anak.

"Yang menyebabkan wanita sulit punya anak, salah satunya sering menggunakan pembalut," seperti disampaikan ustaz tersebut.

"Kalau kita aktivitas gimana? Boleh pakai pembalut, tapi di siang hari, malam jangan," seperti disampaikan ustaz tersebut.

Ucapan ustaz tersebut sontak membuat ketar-ketir banyak wanita. Terlebih, hampir sebagian besar perempuan memanfaatkan pembalut untuk menampung darah menstruasi.

Netizen pun memberi komentar akan hal ini. "TERUS KITA KITA ORANG KALAU MENS SURUH PAKE APA MALIHHHHHHHH," cuit @falla_adinda

Menanggapi hal ini, dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Cipto Mangunkusumo Laila Nuranna dengan tegas mengatakan penggunaan pembalut tidak menyebabkan sulit memiliki anak.

"Salah, itu enggak benar. Kalau pembalutnya benar, bersih, itu tidak menyebabkan sulit punya anak," Kata Laila saat dihubungi Health-Liputan6.com, Senin (7/8/2017).

Laila mengingatkan wanita boleh menggunakan pembalut saat menstruasi asalkan rutin menggantinya. Setiap kali sudah merasa tidak nyaman atau penuh segera ganti pembalut.

"Kalau sedang banyak (darah menstruasi yang keluar) bisa ganti setiap 3-4 jam sekali. Sementara kalau sedang tidak terlalu banyak bisa setiap lima jam sekali," pesannya.

Bila pembalut terlalu lama digunakan, hal tersebut memicu banyak bakteri di dalamnya. Ditambah sirkulasi udara yang tidak baik membuat jumlah bakteri meningkat. Jika bakteri sudah terlalu banyak, bisa naik ke vagina.

"Kemudian hal itu bisa bikin infeksi dan membuat saluran telur tersumbat. Itu bisa mandul," kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan, Ardiansjah.

Mungkin, kata Ardiansjah, alasan tersebut yang menjadi dasar ucapan sang ustaz.

"Namun, bukan berarti orang pakai pembalut jadi mandul. Kalau dia jarang ganti, extraordinary joroknya itu bisa (sulit punya anak)," kata dokter yang berpraktik di RS Siloam Semanggi dan Simatupang Jakarta ini.

Sumber:liputan6.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...