Sudah Ada Inpres,

Nasir Djamil Berharap Rehab Rekon Pijaya Segera Dimulai

FOTO | ISTIIMEWAAnggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI | HM Nasir Djamil

BANDA ACEH - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI asal Aceh HM Nasir Djamil berharap agar rehabilitasi dan rekontruksi Kabupaten Pidie Jaya pasca gempa 7 Desember 2016 lalu bisa segera dimulai.

Hal itu seiring dengan telah adanya Inpres Nomor 5 Tahun 2017 tentang percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Gempa Bumi di Kabupaten Pidie Jaya serta Kabupaten Pidie dan Kabupaten Bireuen.

Demikian disampaikan Anggota DPR RI Fraksi PKS itu disela-sela penyerahan bantuan rumah sakit Kontainer dari Ikatan Alumni Unsyiah kepada pemerintah kabupaten Pidie Jaya, Selasa (8/8).

Nasir berharap agar proses pembangunan infrastruktur publik seperti rumah sakit, sekolah, fasilitas kesehatan, pasar dan perumahan masyarakat yang rusak akibat gempa lebih diutamakan, sehingga masyarakat bisa segera mendapatkan tempat tinggal yang layak.

Begitu juga dengan rumah ibadah seperti Masjid dan Mushalla yang juga banyak rusak akibat gempa agar secepatnya dibangun kembali.

Nasir juga menyampaikan apresiasi kepada sejumlah pihak yang telah ikut membantu sehingga sejumlah fasilitas seperti rumah ibadah yang rusak, sehingga sudah terbangun kembali dengan dana dari berbagai donatur.

“Tapi masih banyak juga fasilitas Ibadah yang belum terbangun, kita harap bisa segera dibangun, apalagi Presiden dalam Inpres itu juga menginstruksikan Menteri Agama untuk berkoordinasi dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam rangka rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana untuk sarana ibadah dan pendidikan agama,”lanjut Nasir mengutip salah satu poin dalam Inpres nomor 7 tahun 2017.

Sementara itu terkait dengan peresmian dan serah terima rumah sakit Kontainer dari Alumni Unsyiah kepada Pemerintah Pidie Jaya itu, Nasir menyebutkan pelayanan kesehatan merupakan hak dasar manusia yang harus dipenuhi, oleh sebab itu ia berharap agar fasilitas yang sudah dibangun itu bisa segera diisi dan difungsikan.

“Oleh karena itu kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pengurus IKA Unsyiah yang sudah begitu peduli terhadap pelayanan kesehatan masyarakat Pidie Jaya dengan memberikan bantuan rumah sakit kontainer,”lanjut dia.

Penulis:Iqbal
Editor:AK Jailani
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...