Wakil Walikota:

SKPK Sudah Terapkan Semua Open Data

BANDA ACEH - Pemerintah Kota Banda Aceh melalui inisiasi dari Kinerja-USAID dan Open Data Labs Jakarta telah mulai berusaha mewujudkan keterbukaan informasi publik melalui portal data terbuka.

Pemko Banda Aceh memulainya dengan melatih SDM dan berdiskusi teknis dengan para aparatur yang tersedia untuk membuat portal data terbuka yang dimulai dari dua SKPK. Gerakan keterbukaan ini berlanjut pada 2015-2016 yang diinisiasi oleh Web Foundation dengan sembilan SKPK yang bergabung dalam portal data tersebut.

Demikian disampaikan Wakil Walikota Banda Aceh Zainal Arifin pada acara pembukaan Lokarya dan Pameran "Pemerintah Terbuka untuk Tata Kelola Pemerintahan yang Lebih Transparan dan Akuntabel". Acara ini digelar oleh Asian Development Bank (ADB) bekerjasama dengan Bappenas dan Pemko Banda Aceh, di Hermes Palace Hotel, Selasa (29/8/2017).

Menurutnya, di era keterbukaan informasi seperti saat ini, sudah seharusnya setiap badan publik memberikan informasi secara benar, tepat, cepat dan murah kepada masyarakat. “Hal itu juga telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Kerterbukaan Informasi Publik,” katanya.

Bahkan, katanya lagi, pada pasal 7 ayat (6) UU KIP disebutkan bahwa badan publik dapat memanfaatkan sarana dan media elektronik untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh berbagai informasi yang dibutuhkan.

“Dan pada 2016-2017, dengan program pendampingan dari ADB, program keterbukaan data dan informasi terus berkembang dan mencapai target sesuai roadmap yang ditetapkan yakni 46 SKPK. Artinya 100 persen SKPK telah bergabung dalam portal data terbuka Kota Banda Aceh,” ungkapnya.

Cek Zainal -panggilan akrab Zainal Arifin- pun menyampaikan harapan agar dengan penerapan keterbukaan data dan informasi di seluruh SKPK di lingkungan Pemko Banda Aceh, akan membuat pelayanan publik di Banda Aceh semakin maju dan berkembang serta semakin dipercaya oleh masyarakat.

Tak ketinggalan, ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada ADB yang selama ini telah membantu dan mendampingi Banda Aceh. “Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada teman-teman LSM yang terus mendampingi kami dalam mengawasi perkembangan dan progres atas setiap program kerja pemerintah”.

“Semoga ke depan dengan dukungan dari anda semua, kita akan dapat mewujudkan Banda Aceh yang Gemilang dalam Bingkai Syariat, dan bersama-sama dengan kabupaten/kota lainnya untuk mewujudkan Aceh yang hebat di masa-masa mendatang,” pungkasnya.

Lokarkarya dan pameran ini sendiri dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Sementara pengguntingan pita di pintu masuk arena pameran dilakukan oleh Wakil Wali Kota Banda Aceh bersama Bupati Bener Meriah dan Wakil Bupati Aceh Selatan serta perwakilan ADB.

Penulis:Jun
Editor:AK Jailani
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...