Aung San Suu Kyi

Tidak Akan Hadiri Sidang Umum PBB

FOTO | REUTERSAung San Suu Kyi

YANGON - Pemimpin de-facto Myanmar, Aung San Suu Kyi dipastikan tidak akan menghadiri Sidang Umum PBB yang akan berlangsung pada pekan depan di kantor pusat PBB di New York, Amerika Serikat (AS).

Kepastian akan tidak hadirnya Suu Kyi dalam pertemuan tahunan tersebut disampaikan oleh juru bicaranya Aung Shin. Belum diketahui apa penyebab Suu Kyi tidak hadir dalam pertemuan itu, namun diduga hal ini disebabkan oleh krisis yang terjadi di Rakhine.

"Dia tidak pernah takut menghadapi kritik atau menghadapi masalah. Mungkin dia punya banyak masalah mendesak untuk diurus," kata Aung Shin dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Rabu (13/9).

Tahun lalu, dalam pidato pertamanya ke Sidang Umum PBB sebagai pemimpin Myanmar, Suu Kyi membela usaha pemerintahnya untuk menyelesaikan krisis mengenai perlakuan terhadap minoritas Muslim di Rakhine.

Terkait dengan Sidang Umum, Presiden Turki Tayyip Erdogan beberapa waktu lalu menyatakan dia akan membawa isu Rohingya dalam pertemuan tersebut. Dia menyatakan ini dilakukannya agar hal ini dapat didengar langsung oleh para pemimpin dunia yang hadir.

"Saya akan mengemukakan apa yang sedang terjadi di Myanmar di Sidang Umum PBB pada 19 September dengan cara yang paling luas. Kami akan membicarakan semua ini dengan para pemimpin di sana," ungkap Erdogan kala itu.

Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...