Tumbuh Kembang Lebih Optimal,

Anak Perlu Konsumsi Asupan Kaya Probiotik

FOTO | DietsinreviewIlustrasi

TUMBUH kembang anak yang optimal bisa dibantu dengan kebahagiaan yang didapatkannya dari keluarga. Kebahagiaan erat kaitannya dengan kesehatan anak. Menurut ahli gizi medik. Dr Saptawati Bardosono, MSc, terdapat empat pilar kesehatan yang dipengaruhi oleh kebahagiaan anak.

Empat pilar tersebut adalah nutrisi lengkap dari makanan dan minuman setiap hari, melakukan aktivitas fisik secara rutin untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tidur yang berkualitas, dan pengelolaan stres. Keempat pilar tersebut saling berkaitan satu sama lain.

Penjelasannya adalah untuk mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap, anak harus memiliki selera makan yang baik. Selera makan bisa dirangsang oleh aktivitas fisik. Selain itu, aktivitas fisik juga bisa merangsang emosi dan kognitif anak.

Di sisi lain, anak juga harus bisa mengelola stresnya. Sebab rasa tertekan bisa mengakibatkan gangguan pencernaan. Jika ada gangguan pencernaan, maka nutrisi yang diterima tubuh tidak bisa diserap optimal oleh sistem pencernaan. Apabila nutrisi sudah terserap dengan baik, harus bisa dimanfaatkan agar bisa merangsang pertumbuhan anak. Untuk memaksimalkan penggunaan nutrisi, maka diperlukan tidur yang berkualitas.

“Pertumbuhan seorang anak dipengaruhi oleh vitamin B. Vitamin B bisa didapatkan dari prebiotik yang ada di dalam sistem pencernaan. Semakin banyak prebiotik di dalam saluran cerna, maka semakin baik untuk kesehatan saluran cerna. Tak hanya itu, prebiotik juga membantu memperlancar sistem saraf dan endokrin mengirimkan sinyak ke otak bahwa saluran pencernaan dalam kondisi baik,” ungkap dr Saptawati saat dijumpai dalam sebuah acara Kamis (5/10/2017) di kawasan Jakarta Pusat.

Jika sinyal tersebut diterima oleh otak, maka emosi dan perilaku anak menjadi bahagia. Seperti yang diungkapkan di atas, kebahagiaan membuat tumbuh kembang anak lebih optimal. Untuk mendapatkan probiotik yang lebih banyak di saluran cerna diperlukan prebiotik sebagai makanannya.

Prebiotik banyak terkandung dalam makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayuran. Sedangkan makanan yang manis, asin, dan gurih bisa mengganggu kehidupan probiotik.

Maka dari itu, baik anak maupun orangtua disarankan untuk mengonsumsi buah sebanyak tiga porsi sehari dan sayur sebanyak empat porsi sehari. Buah bisa diberikan sebagai snack di antara waktu jeda makan.

Selain itu, probiotik juga bisa didapatkan dari susu. Namun jangan memberikan anak susu yang rasanya terlalu manis karena bisa mengganggu selera makannya.

Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...