Ini 4 Negara yang Tal Lolos ke Piala Dunia 2018

FOTO | CNNINDONESIA.COMTimnas Belanda telah gagal ke Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

EROPA - Dengan berakhirnya babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL, Asia, dan CONCACAF, Selasa 10 Oktober 2017, ada sejumlah tim besar gagal tampil di Rusia 2018. Siapa sajakah mereka?

Dari zona Eropa, setidaknya ada tiga tim besar yang gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Tim terbesar dari UEFA yang tidak lolos adalah timnas Belanda setelah Arjen Robben dan kawan-kawan hanya mampu menang 2-0 atas Swedia di Stadion Amsterdam Arena.

Kemenangan hanya dua gol membuat timnas Belanda kalah dari selisih gol dari Swedia pada klasemen akhir Grup A. Timnas Swedia selanjutnya akan tampil di babak play-off zona UEFA.

Kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018 membuat kesialan timnas Belanda berlanjut. Tim Oranje tahun lalu juga gagal ke putaran final Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Perancis.

Tim besar lainnya dari Eropa yang gagal lolos adalah Wales. Kekalahan 0-1 dari Republik Irlandia di Cardiff, Senin (9/10), membuat Gareth Bale dan kawan-kawan gagal ke putaran final Piala Dunia 2018.

Timnas Wales hanya menduduki posisi tiga klasemen akhir Grup D dengan 17 poin. Sedangkan Irlandia meraih posisi kedua dengan 19 poin dari lolos ke babak playoff zona Eropa.

Dari zona CONCACAF, timnas Amerika Serikat untuk kali pertama sejak 1986 gagal ke putaran final Piala Dunia. Kekalahan 1-2 dari Trinidad dan Tobago di Stadion Ato Boldon, Couva, membuat timnas AS hanya menduduki peringkat lima klasemen akhir zona CONCACAF.

Timnas AS terbilang sial di hari terakhir. Pasalnya, hanya dengan hasil imbang melawan Trinidad dan Tobago yang merupakan tim juru kunci, timnas AS sudah bisa memastikan lolos otomatis ke Piala Dunia 2018.

Kejutan juga terjadi di zona Amerika Latin atau CONMEBOL. Timnas Chile yang merupakan tim favorit, justru gagal lolos ke Piala Dunia 2018 setelah kalah 0-3 dari timnas Brasil pada laga terakhir di Stadion Allianz Parque, Sao Paulo, Selasa 10 Oktober 2017.

Timnas Chile sebenarnya hanya butuh hasil imbang melawan Brasil untuk memastikan lolos otomatis ke Rusia 2018. Dua gol dari Gabriel Jesus dan satu gol Paulinho memastikan kemenangan timnas Brasil atas Chile. Hasil tersebut membuat Chile turun ke posisi enam klasemen akhir dengan torehan 26 poin.

Timnas Chile kalah selisih dua gol dari Peru yang sukses merebut posisi kelima atau zona playoff. Timnas Peru pada pertandingan terakhir sukses menahan imbang Kolombia 1-1.

Jumlah tim besar yang gagal ke Piala Dunia 2018 bisa bertambah. Pasalnya, tim besar seperti Italia, Swedia, Denmark, dan Kroasia, masih akan bertarung di babak playoff zona Eropa.

Sumber:cnnindonesia.com
Rubrik:Sport

Komentar

Loading...