Menteri Agama Salurkan Rp 171 Juta untuk MIS Pedalaman di Aceh

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menyerahkan bantuan untuk pembangunan Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Kautsar Jambo Rambong, Kecamatan Tamiang Hulu, Aceh Tamiang.

BANDA ACEH - Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin  menyerahkan bantuan untuk pembangunan Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Kautsar yang terletak di Jambo Rambong, Kecamatan Tamiang Hulu, Aceh Tamiang.

Penyerahan bantuan sejumlah Rp 171.000.000 itu dilakukan Menag ketika menyalurkan  Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada untuk siswa siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) secara simbolis di MIN 6 Jambo Tape Banda Aceh, Selasa 10 Oktober 2017. Kementerian Agama mendistribusikan 63.676 Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada siswa Madrasah di Aceh.

Pada kesempatan itu, MIS Al-Kautsar juga menerima dana bantuan CSR BNI yang diserahkan Deputi General Manager Devisi Hubungan Kelembagaan BNI,  Koen Yulianto sejumlah Rp. 100.000.000,-

Lukman Hakim mengatakan, KIP bagian dari Program Indonesia Pintar (PIP) yang oleh pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla sekarang merupakan program unggulan yang sangat penting.

"Anak-anak madrasah yang menerima KIP adalah representasi dari anak-anak Indonesia dalam rangka meningkatkan angka partisipasi pendidikan dan putus sekolah, sehingga anak-anak bisa sama-sama belajar," kata Lukman Hakim.

Ia juga mengatakan pendidikan adalah cara untuk meningkatkan kualitas peradaban, sesuai dengan Undang-Undang pemerintah wajib memfasilitasi dan memberikan pendidikan untuk warga negara.

MIS Al-Kautsar merupakan madrasah yang terletak dipedalaman Aceh Tamiang yang dindingnya terbuat dari tepas bambu dan telah diabadikan dalam film dokumenter "Cahaya di Atas Bukit" karya Kemenag Aceh yang diinisiasi oleh Kakanwil Kemenag Aceh, Drs. H M Daud Pakeh.

Hadir pada kegiatan tersebut Dirjen Pendidikan Islam Prof Dr Phil Kamaruddin Amin, MA Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK), Dr. H. A. Umar, MA, sejumlah pejabat eselon II Kemenag, Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh Daud Pakeuh, dan Deputi General Manager Devisi Hubungan Kelembagaan BNI,  Koen Yulianto.

Rubrik:News

Komentar

Loading...