Ini Komentar Karimun Usman Soal Pemberian Nama Jalan Soekarno di Darussalam

Karimun Usman Ketua DPD PDI-P Aceh

BANDA ACEH - Ketua DPD PDI-P Aceh Karimun Usman menganggap rencana pemberian nama jalan Ir. Soekarno di sekitar kampus Universitas Syiah Kuala merupakan ide yang positif.

Pemberian nama jalan Ir. Soekarno itu mempunyai sejarah bagi Darussalam. Mantan Presiden Indonesia pertama itu pernah menginjak kaki di wilayah itu saat meresmikan Ikatan Pelajar Darussalam di Tegu  Darussalam.

“Tentu rencana Pak Rektor Unsyiah Samsul Rizal bagus, sebab memberikan nama jalan Ir. Soekarno ini ada sejarahnya, kampus Unsyiah ini diresmikan oleh Bung Karno pada September tahun 1959 lalu, ada kaitannya,” kata Karimun Usman, Kamis 2 November 2017.

Meski ada pro dan kontra soal usulan Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal memberikan nama jalan Ir. Soekarno di Darussalam, menurut Karimun Usman, tetap ada saja kelompok yang menentang, tapi perlu diberikan pemahaman sehingga mereka mengetahui sejarah hubungan Aceh dengan Soekarno.

“Biasa itu ada orang-orang menolak dan menerima rencana Prof Samsul Rizal, kita harus memberikan pemahaman sejarah bagi mereka yang menolak, setelah itu tentu akan diterima dengan baik,” kata politisi senior Aceh itu.

Sebelumnya diberikan, Rektor Unsyiah Prof. Samsul Rizal, telah melayangkan surat kepada Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman.

Surat ini permohonan izin untuk penghargaan kepada mantan Presiden Indonesia Ir. Soekarno dengan memberikan nama salah satu jalan utama dalam Kota Banda Aceh yang membentang dari Simpang Tugu Persatuan Tentera Pelajar Aceh (PTPA) untuk Kemerdekaan Indonesia sampai ke Simpang Tungkop Aceh Besar sebagai.

Pemberian nama jalan ini berdasarkan pertimbangan historis dan emosional antara lain:

1. Ir. Soekarno adalah Presiden Republik Indonesia pertama, bersama-sama GASIDA (Gabungan Saudagar Aceh) dan Rakyat Aceh, walaupun kondisi Aceh yang belum aman pada saat itu, telah membantu berdirinya Universitas Syiah Kuala pada tanggal 2 September 1959 dengan menoreh pena emasnya dalam prasasti Tugu Darussalam.

2. Persatuan Tentara Pelajar Aceh, yang tugunya terletak di Simpang Mesra Banda Aceh, adalah sebuah organisasi pelajar Aceh yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia yang mendukung perjuangan Ir. Soekarno untuk berdirinya Republik Indonesia.

3. Penggabungan secara historis kedua tugu ini dengan memberikan nama jalan kepada beliau bagian "Rasa Terima Kasih Rakyat Aceh" kepada Ir. Soekamo dalam memajukan pendidikan Aceh.

"Besar harapan kami agar permohonan ini dapat dipertimbangkan dan ditindaklanjuti. Demikian, atas segala perhatiannya kami ucapkan terima kasih," demikian bunyi akhir surat itu.

Surat ini ditembuskan kepada Ketua DPRD Kota Banda Aceh, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh.

Rubrik:AcehNews

Komentar

Loading...