Ini Alasan Prof Samsul Rizal Memberikan Nama Jalan Soekarno di Darussalam

Foto | ISTIMEWAProf Samsul Rizal Rektor Universitas Syiah Kuala.

BANDA ACEH - Rektor Universitas Syaih Kuala Prof Samsul Rizal telah mengajukan permohonan resmi kepada Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman terkait pemberian nama jalan Ir. Soekarno di Darussalam.

Dalam surat resmi itu dijelaskan, jalan yang akan diberikan nama Ir. Soekarno itu mulai dari Simpang Tugu Persatuan Tentera Pelajar Aceh (PTPA) untuk Kemerdekaan Indonesia sampai ke Simpang Tungkop Aceh Besar.

Pemberian nama jalan Ir. Soekarno ini tentu ada pertimbangan historis dan emosional yang sudah dikaji oleh sivitas Akademika Universitas Syiah Kuala senior, diantaranya;

1. Ir. Soekarno adalah Presiden Republik Indonesia pertama, bersama-sama GASIDA (Gabungan Saudagar Aceh) dan Rakyat Aceh, walaupun kondisi Aceh yang belum aman pada saat itu, telah membantu berdirinya Universitas Syiah Kuala pada tanggal 2 September 1959 dengan menoreh pena emasnya dalam prasasti Tugu Darussalam.

2. Persatuan Tentara Pelajar Aceh, yang tugunya terletak di Simpang Mesra Banda Aceh, adalah sebuah organisasi pelajar Aceh yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia yang mendukung perjuangan Ir. Soekarno untuk berdirinya Republik

Indonesia.

3. Penggabungan secara historis kedua tugu ini dengan memberikan nama jalan kepada beliau bagian "Rasa Terima Kasih Rakyat Aceh" kepada Ir. Soekamo dalam memajukan pendidikan Aceh.

Begitu bunyi perimbangan dalam surat yang ditanda tangani oleh Prof Samsul Rizal. Surat tersebut juga ditembuskan kepada Ketua DPRK Banda Aceh, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh.

Rubrik:AcehNews

Komentar

Loading...