Kata Bos Facebook, Teknologi Tingkatkan Pendapatan Pekerja

Foto | Kabar24.comCEO Facebook Mark Zuckerberg

JAKARTA - Perkembangan teknologi tidak sepenuhnya berdampak.pada pengurangan atau penambahan lapangan kerja. Namun, membantu meningkatkan pendapatan para pekerja.

Hal tersebut disampaikan oleh bos Facebook, Mark Zuckerberg di akun Facebooknya usai mengunjungi ladang angin dalam perjalanan ke Oklahoma.

"Saya penasaran terkait efek penedapan teknologi dalam pekerjaan dan banyak orang fokus mengenai apakah teknologi menciptakan lapangan kerja baru atau malah merenggut lapangan kerja yang sudah ada," katanya seperti dikutip dari laman Facebooknya, Jumat 10 November 2017.

Menurut Mark, dia telah melihat bagaiman pemanfaatan teknologi telah membantu menciptakan lapangan kerja baru di beberapa sektor industri, tetapi pada saat yang sama di industri berbeda, pemanfaatan teknologi justru merenggut lapangan kerja yang ada.

"Tapi mungkin, dinamika paling umum yang saya lihat adalah jumlah lapangan kerja tetap sama, tetapi untuk bisa menggunakan teknologi yang makin canggih, orang-orang harus terus mendapatkan pelatihan dan untuk kemampuan yang mereka dapatkan dari pelatihan tersebut mereka mendapatkan bayaran lebih banyak," ujar Mark.

Hal tersebutlah yang terjadi di Oklahoma. Oklahoma merupakan negara minyak sekaligus penghasil gas alam tertinggi ketiga di negara bagian manapun di Amerika Serikat. Namun, seiring dengan semakin meningkatnya teknologi dan semakin rendahnya biaya yang dibutuhkan dalam pemanfaatannya, penggunaan energi terbarukan juga semakin meningkat. Oklahoma berada di posisi kedua sebagai negara penghasil energi berbasis angin setelah Texas.

"Salah satu manajer mengatakan kepada saya bahwa saat ini angin berkontribusi sebesar17% bagi kebutuhan energi Oklahoma," katanya.

Sementara itu, dari sisi para pekerja yang dia temua rata-rata berpendapat bahwa bekerja di sektor energi berbasia angin jauh lebih berkelanjutan dibandingkan minyak dan gas.

Harga minyak tidak stabil dan sumur minyak juga tidak selamanya menghasilkan minyak, jadi pekerja harus berpindah-pindah ke tempat lain dan seringkali harus bekerja jauh dari rumah. Sedangkan, angin adalah sumber energi terbarukan yang tidak akan habis sehingga pekerjaan bisa lebih konsisten dan berkelanjutan.

Di sisi lain, semakin efisien turbin angin yang digunakan berarti jumlah turbin yang digunakan untuk memproduksi energi semakin sedikit. Namun, teknologi yang ada pada turbin semakin canggih dan rumit sehingga para operatornya harus mendapatkan pelatihan khusus untuk bisa melakukan pekerjaan ini yang tentu saja gajinya lebih tinggi.

"Jelas bahwa angin dan energi terbarukan merupakan masa depan baik bagi perekonomian dan lingkungan hidup. Hal inilah yang menjadi alasan kami menggunakan 100% energi terbarukan di setiap pusat data yang dibangun oleh Facebook, yang kebanyakan merupakan energi berbasis angin. Tempat seperti Oklahoma menunjukkan hal yang baik bagi lingkungan juga baik bagi perekonomian," tutup Mark.

Sumber:kabar24.com
Rubrik:Tekno

Komentar

Loading...