Darwati Ajak Perajin Sulaman Benang Emas Berinovasi

Foto | ISTIMEWAKetua Dekranasda Aceh Darwati A Gani

BANDA ACEH - Ketua Dekranasda Aceh Darwati A Gani berharap agar Gampong Panton Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya menjadi Desa Kerajinan Sulaman Benang Emas yang repesentatif di Kabupaten Aceh Jaya.

Hal itu dikatakan Darwati pada acara pembinaan, penilaian desa kerajinan dan penyerahan bantuan kepada perajin sulaman benang emas di gampong Panton kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya, Senin.

Untuk mewujudkan hal itu, kata Darwati dibutuhkan kreatifitas, pengetahuan dan wawasan para perajin. Oleh karena itu Ia berharap agar gampong Panton menjadi salah satu desa kerajinan terbaik.

”Kepada semua pihak yang terkait, juga Bapak dan Ibu Pembina dari Kabupaten Aceh Jaya teruslah desa ini dibina, didukung, dibantu, tingkatkan kemampuan dan wawasan para perajin dengan berbagai pengetahuan baik melalui pelatihan maupun workshop,” lanjut Darwati.

Darwati juga mengingatkan bahwasanya produk kerajinan tidak bisa bertahan bila tidak adanya inovasi , peningkatann kualitas.

Produk sulaman benang emas tersebut kata Darwati, akan lebih menarik, diminati dan mudah dipasarkan jika kita memperhatikan kualitas produknya baik dari pemakaian bahan, keserasian aksesoris, kerapian sulamannya, perpaduan warna benang.

”Dan yang paling penting agar produk sulaman benang emas ini tidak monoton adalah dengan inovasi desain, maksud inovasi desain disini adalah mencari desain baru agar produk yang selama ini dihasilkan hanya berupa perlengkapan untuk kebutuhan adat dapat menjadi lebih variatif menjadi produk lainnya seperti kalau selama ini membuat tirai pelaminan atau kipas, dapat kita kembangkan menjadi replika tirai atau kipas yang dikemas dalam hiasan dinding, dibuat aneka tas, menjadi tempat tisue, sarung aqua, pada desain baju , dan aneka produk lainnya,” lanjutnya lagi.

Diakui Darwati, hampir diseluruh wilayah Aceh kerajinan sulaman benang emas atau kasab telah menjadi industri kerajinan yang membanggakan dengan keindahan dan kehalusan serta perpaduan warna yang khas.

Pada kesempatan itu Darwati juga menyerahkan bantuan modal usaha berupa bahan dan peralatan pendukung produksi. Bantuan itu diharapkan dapat memacu para perajin untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya.

”Meskipun bantuan ini belum mencukupi semua kebutuhan produksi kerajinan sulaman benang emas, namun diharapkan dapat meningkatkan semangat berkerja dan berusaha dan meningkatkan kemandirian para perajin,” kata Darwati.

Rubrik:AcehNews

Komentar

Loading...