9 Desa di Kecamatan Jaya Baru Meriahkan Lomba Kuah Beulangong Ketua DPRK Banda Aceh

Foto | mediaaceh.comKetua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah sedang melihat langsung proses lomba masak Kuah Beulangong.

BANDA ACEH - Sebanyak 9 desa di Kecamatan Jaya Baru ikut meriahkan lomba masak Kuah Beulangong. Lomba ini digelar oleh Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah.

Masing-masing desa mengutuskan 5 peserta ikut lomba masak Kuah Beulangong, yang berlangsung di Lapangan Bola Kaki Emperom, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh.

Menurut Drh. Nella Sativa Ketua Panitia Lomba Masak Kuah Beulangong, dewan juri akan menilai masakan ini mulai dari rasa, kesiapan sebelum memasak, kekompakan peserta saat proses sejak awal proses hingga masak Kuah Beulangong.

“Selain lomba masak, ini bagian dari memperkuat silaturahmi antar warga, setelah lomba masing peserta dari mengundang warga gampong masing-masing untuk makan bersama Kuah Beulangong, kata Drh. Nella Sativa, Sabtu 25 November 2017.

Kuah Beulangong ini masakan khas Aceh Besar, bahan utamanya isa daging sapi, daging kambing, atau daging kerbau yang dicampur dengan buah nangka, atau ada juga yang menggunakan pisang kapok.

Sudah menjadi tradisi, memasak Kuah Beulangong ini secara bergotong-royong. Tradisi ini sudah ada sejak masa kesultanan Aceh.

Kuah beulangong yang dilombakan itu nantinya akan dikumpulkan untuk dimakan bersama. Kuah beulangong ini menjadi perekat silaturrahmi antarwarga di Aceh.

Rubrik:AcehNews

Komentar

Loading...