DKI dan Banten Dukung Aceh Tuan Rumah PON XXI

Foto | KONI Acehkoni DKI

JAKARTA - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta dan Provinsi Banten memberikan dukungan kepada Aceh dan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Ketua Umum KONI Aceh H. Muzakir Manaf atau Mualem usai melakukan pertemuan dengan KONI Provinsi Banten, Jumat 24 November 2017, di Sekretariat KONI Banten.

Dari Aceh, tim penjemput dukungan ini dipimpin langsung Ketua Umum KONI dan didamping oleh Bachtiar Hasan selaku Wakil Ketua II, T Nasruddinsyah, Aldin NL dan Ahyar. Sementara tim Provinsi Sumatera Utara pimpin oleh Ketua Umum Jhon Ismadi Lubis yang didampingi Ketua Harian Sakiruddin, serta Kadispora Sumut Baharuddin Siagian.

Rombongan KONI Aceh dan KONI Prov Sumut disambut langsung oleh Ketum KONI Banten Brigjen Pol (purn) H. Rumiah Kertorejo, SPD, MH, Sekum Drs H Sudatyono, MSi, Wakil Ketua I H. Engkos Kosasi dan sejumlah pengurus harian lainnya.

“100 persen kita dukung Aceh-Sumut sebagai tuan rumah PON 2024. Tahun 2020 kita ke Papua, tahun 2024 kita berangkat  Aceh dan Sumut,” kata H. Rumiah. Dukungan tertulis KONI Banten bahkan telah dikirim jauh-jauh hari sebelum Aceh dan Sumut berkunjung ke Banten.

Menurut H. Rumiah, tuan rumah bersama yang digagas oleh KONI Aceh dan Sumut merupakan sejarah baru dalam pelaksanaan PON. Gagasan tersebut menurutnya merupakan hal yang positif untuk kemajuan olahraga. Tuan rumah bersama dinggap bisa mengurangi beban daerah yang ditunjuk sebagai host even empat tahunan tersebut, sehingga pelaksanaannya benar-benar efektif.

Sehari sebelumnya, Aceh dan Sumut juga telah “mengantongi” surat dukungan dari KONI DKI. Surat tersebut ditandatangai langsung oleh Ketum KONI DKI Dody Rahmadi Amar, SE, tertanggal 20 November 2017, pada pertemuan yang berlangsung di Sekretariat KONI DKI. Rombongan Aceh-Sumut disambut oleh Sekretaris Umum Ahmad Budi Pramono, Wakil Ketua Hidayat Humaid dan Kabid Hukum Ricard.

“(PON) Tidak melulu harus di (Pulau) Jawa, kami juga mau datang ke Aceh dan Sumut," kata Wakil KONI DKI Jakarta, Hidayat Humaid.

Dalam dua hari terakhir, Aceh-Sumut telah menambah koleksi dukungan dari 3 provinsi, yaitu Kalimantan Barat, DKI Jakarta dan Banten. Sabtu 25 November 2015, rombongan Aceh dan Sumut juga akan mengadakan pertemuan dengan KONI Jawa Barat untuk menjemput dukungan tertulis.

"Kita berterima kasih atas dukungan yang sudah kita peroleh sejauh ini. Dan kita terus berjuang (agar) KONI-KONI lain di Indonesia dukung Aceh-Sumut." Kata Mualem.

“Lebih setengah provinsi (yang ada di Indonesia) sudah mendukung Aceh-Sumut, kita upayakan (bidding) aklamasi,” kata John Ismadi.

Komentar

Loading...