Rawan Banjir, Warga Sumut Diminta Waspada

Foto | merdeka.combanji_merdeka.com

BANDA ACEH - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara (Sumut) meningkatkan kesiagaannya. Mereka berupaya mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini.

"Kami meningkatkan kesiagaan di setiap daerah yang berpotensi mengalami bencana," kata Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis, Kamis 30 November 2017.

Beberapa daerah saat ini menjadi perhatian menyusul hujan yang terus terjadi di Sumut belakangan ini. Tidak tertutup kemungkinan intensitas hujan akan meningkat, sehingga kawasan rawan banjir dan longsor pun menjadi atensi khusus BPBD Sumut.

Riadil memaparkan, daerah rawan banjir di antaranya Deli Serdang, Asahan, Labuhanbatu dan Langkat. Kawasan di pesisir timur Sumut ini tergolong rendah dan memang sering dilanda banjir. Tanah longsor menjadi perhatian di kawasan dataran tinggi, seperti Dairi, Karo, Simalungun juga Langkat.

BPBD Sumut pun mengimbau warga untuk terus waspada. "Hati-hati melintas di daerah rawan longsor. Warga yang tinggal di dekat sungai harus mewaspadai banjir kiriman," imbau Riadil.

Beberapa hari belakangan, hujan ringan hingga sedang disertai mendung terus melanda sejumlah wilayah di Sumatera Utara. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memperkirakan kondisi ini akan terus terjadi hingga awal Desember.

Komentar

Loading...