Amankan Pilkada Serentak 2018, Polri Bentuk Satgas Nusantara

FOTO | TEMPO.COKapolri Jenderal Tito Karnavian berkunjung ke Sulawesi Tenggara dalam rangka memberikan pengarahan pada personil Kepolisian Daerah Sultra
A A A

JAKARTA – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyiapkan Satuan Tugas Nusantara dengan tujuan menjaga situasi keamanan dan ketertiban nasional (Kamtibmas) selama Pilkada Serentak 2018.

Satgas itu tak hanya beranggotakan personel kepolisian, namun juga tokoh masyarakat dan tokoh agama.

"Kita tahu bahwa bulan Januari ini, ibarat mobil tuh udah di-starter. Partai politik sudah men-starter mobil untuk memanaskan mesin. Sebentar lagi mesin partai akan berjalan, mereka akan bergerak semua. Nah, jangan sampai over, jangan sampai kepanasan. Mesinnya terlalu panas, maka perlu ada pendinginan," ucap dia di Mapolda Metro Jaya, Jumat 19 Januari 2018.

Tito pun mengungkapkan alasan Satgas Nusantara harus melibatkan tokoh masyarakat.

"Kalau di mobil ada radiator untuk mendinginkan mesin, makanya kita perlu juga tokoh masyarakat yang memberikan pernyataan yang menyejukkan. Itu kita akan bekerja sama dengan seluruh potensi masyarakat dan stakeholder yang terkait," ujar mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Ini dilakukan untuk menangkal hal-hal tak diinginkan nantinya. Pihaknya pun sudah telah mendata lokasi-lokasi yang dianggap rawan. Tapi, pihaknya akan meninjau kembali saat pihak Komisi Pemilahan Umum (KPU) sudah menentukan calon.

"Jadi ada kontestasi politik sehingga kita perlu ekstra keras untuk mengantisipasinya," lanjut Tito.

Komentar

Loading...