BNN Aceh Sita 20 Kg Sabu, Ini 3 Tersangka

BBN Aceh

BANDA ACEH - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh berhasil menggagalkan peredaran sabu-sabu sebanyak 70 kilogram. BNN Aceh menangkap tiga tersangka beserta barang bukti.

Tiga tersangka yang dibekuk BNN Aceh itu yakni Ikbal alias Dekbat, Edi dan Said Samsul.

Barang bukti narkotika golongan I jenis sabu-sabu kristal sebanyak 20 bungkus atau seberat 20 kg itu ditemukan di rumah Edi yang dibungkus dalam plastik.

“Setelah penangkapan Edi, kemudian dilakukan pengembangan dan petugas gabungan BNNP Aceh, Polda Aceh, Polresta Banda Aceh kembali melakukan penangkapan pelaku yang juga berstatus DPO BNN yang bernama Ikbal atau Dekbat serta satu orang tersangka atas nama Said Samsul,” kata Kepala BNN Aceh Brigjen Pol. Faisal Abdul Nasir pada konferensi pers di Kantor BNN Aceh, Senin 12 Februari 2018.

Tersangka Ikbal sudah lama ditetapkan buron  BNN. Sebelumnya Ikbal pernah lolos dari penangkapan BNN, hanya sabu-sabu sebanyak 30 kilogram yang berhasil disita.

Menurut Faisal Abdul Nasir, tersangka Samsul adalah pihak yang melindungi Dekbat selama menjadi buron.

Sementara itu, tersangka Edi ditangkap saat petugas melakukan penggeledahan di rumahnya bersama barang bukti 20 kg. Edi diduga yang mengambil sabu-sabu di lajur laut.

Ikbal alias Dekbat kepada BNN mengaku telah empat kali melakukan pemesanan narkotika jenis sabu-sabu dari Malaysia, masing-masing sebanyak 30 kg (lolos), 17 kg (lolos), 40 kg (ditangkap) dan 20 kg (ditangkap).

Faisal mengatakan, barang haram itu berasal dari Malaysia yang diseledupkan ke Aceh melalui jalur laut, BBN menangkap jaringan narkoba ini bekerja sama dengan PDRM Malaysia.

Atas perbuatannya itu, dua tersangka terancam hukuman mati, sedangkan satu lainnya dikenakan pasal yang berbeda.

“Ketiga tersangka akan menjalani proses menyidikan di BNN Pusat,” kata Faisal.

Rubrik:AcehNews

Komentar

Loading...