Ikut Diklatpim IV

Ini Gagasan Kasubbag Advokasi dan Komunikasi

FOTO | HUMAS PEMKO BANDA ACEH.
A A A

BANDA ACEH - Bagian Humas Sekretariat Kota Banda Aceh kembali melakukan terobosan dan inovasi dalam mengoptimalkan penyebarluasan informasi dan kegiatan pemerintah daerah di lingkungan Pemko Banda Aceh.

Terobosan dan inovasi dimaksud yakni menambah fitur Siaran Pers di laman resmi Pemko Banda Aceh www.bandaacehkota.go.id. “Hal ini untuk menjawab tantangan UU Keterbukaan Informasi Publik,” ungkap Kasubbag Advokasi dan Komunikasi Aulia Rachmana Putra SSTP, yang saat ini tengah mengikuti Diklatpim IV Pola Baru.

Menurut Aulia, gagasan ini berangkat dari komitmen Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman untuk semakin meningkatkan pelayanan publik di Banda Aceh. “Dengan adanya fitur ini, siaran pers yang selama ini dikirimkan khusus ke rekan-rekan media, dapat diakses langsung oleh masyarakat atau pihak lain yang membutuhkannya.”

“Media juga tak perlu lagi menunggu kiriman e-mail berisi siaran pers dari Pemko, namun dapat langsung mengunduhnya di laman kita dan mengolahnya menjadi format berita. Meskipun begitu siaran pers dalam bentuk berita jadi juga akan tetap kita kirimkan,” ungkapnya Kamis (22/3/2018) di ruang kerjanya.

Masih menurut peserta Diklatpim IV Angkatan I 2018 termuda ini, esensi dari gagasan ini untuk mempermudah dan mempercepat penyebarluasan informasi maupun program pemerintah kepada masyarakat. “Mengapa via laman? karena sangat efektif mengingat pengguna internet di Banda Aceh merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia.”

“Langkah awal yang akan kita lakukan, berkoordinasi dengan tim IT Bagian Humas untuk mengubah tampilan laman agar lebih eye cathing sehingga semakin menarik minat pembaca. Baru setelahnya kita tambahkan fitur Siaran Pers yang dapat diunduh maupun di-copy langsung oleh masyarakat,” ungkapnya lagi.

Untuk proyek jangka panjang, lanjutnya, dirinya dengan dukungan penuh dari Kabag Humas T Taufik Mauliansyah akan membentuk Tim Kontributor SKPK. “Tim ini nantinya akan menyediakan informasi atau program di dinasnya masing-masing, untuk selanjutnya kita olah menjadi Siaran Pers.”

“Jadi harapannya jalur koordinasi antara Bagian Humas dan SKPK akan semakin baik, tidak hanya ‘top down’, sehingga akan mampu menyediakan konten yang lebih kaya dan informatif kepada masyarakat. Dengan begitu program-program pemerintah juga akan tersosialisasikan dengan baik,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, mulai Senin (5/3) lalu, sebanyak 30 Pejabat Eselon IV di lingkungan Pemko Banda Aceh mengikuti Diklatpim di Gedung PKP2A LAN Aceh. Selama 105 hari ke depan hingga 2 Juli mendatang, para peserta akan dibekali materi seputar self mastery, diagnosa permasalahan, dan proyek perubahan.

Penulis:Jun
Kode:01
Rubrik:Breaking News

Komentar

Loading...