Diskominfotik Kota Banda Aceh

Gelar Pelatihan Suwarga

FOTO | HUMAS PEMKO BANDA ACEH.
A A A

BANDA ACEH – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banda Aceh melalui sekretaris Saiful Azmi, menyampaikan bahwa aplikasi Suwarga merupakan sebuah sarana untuk menampung aspirasi warga yang bertujuan memberi informasi guna mendukung pembangunan Kota Banda Aceh sebagai kota Gemilang.

Hal tersebut diungkapkan Saiful Azmi saat membuka pelatihan admin pengelola aplikasi Suwarga di Aula Madani Center Diskominfotik, Rabu (4/4/2018).

Saiful Azmi berharap kepada peserta agar mengikuti pelatihan dengan serius, karena peserta yang dilatih ini merupakan admin yang nantinya merespon langsung aspirasi dari masyarakat yang masuk melalui aplikasi Suwarga.

Saiful Azmi juga menjelaskan, bahwa Suwarga dapat menampung informasi dan laporan warga berupa laporan foto dan lokasi kejadian yang dapat langsung dilihat titik kejadiannya.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini merupakan admin Suwarga pada dinas masing-masing yang nantinya akan menerima langsung laporan masyarakat yang masuk melalui masing-masing aplikasi dinas.

Mulyasar, ST bersama staff IT lainnya secara rinci menjelaskan kepada para peserta tentang rangkaian proses pengelolaan aplikasi Suwarga dan aplikasi ini direncanakan akan dilaunching langsung oleh Walikota Banda Aceh Aminullah Usman saat Car Free Day.

“Admin Suwarga yang telah dilatih nantinya akan bertugas menindaklanjuti laporan dan aspirasi yang dilaporkan oleh masyarakat melalui aplikasi Suwarga, misalnya ada laporan warga terkait permasalahan air, maka laporan terkait permasalahan air bisa diklik ke PDAM dan admin PDAM akan menindaklanjuti laporan yang masuk,” pungkas Mulyasar.

Begitu juga terkait laporan lalulintas, jika ada laporan terkait parkir sembarangan di jalan utama maka dapat dilaporkan langsung ke Suwarga yang ditujukan ke dinas terkait yakni dinas Perhubungan, dan admin akan menerima langsung laporan tersebut untuk ditindaklanjuti.

Sementara itu, Rahmad Khadafi Kabid Smart City menjelaskan, Suwarga dapat dioperasikan dengan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan akun. “Kemudian upload foto yang ingin dilaporkan dan pilih lokasi kejadian, pilih kategori, dan tulis deskripsi laporan,” ujar Khadafi.

Sebelumnya, Walikota Banda Aceh Aminullah Usman menyambut baik aplikasi Suwarga dan berharap segera disosialisasikan kepada masyarakat. Menurut Walikota sarana ini merupakan cara mudah bagi warga menyampaikan berbagai masalah dengan cara yang mudah dan cepat.

Penulis:Sab
Kode:01
Rubrik:Breaking News

Komentar

Loading...