Ini Rincian Penggunaan Dana Desa

FOTO | IstimewaLogo Kota Banda Aceh
A A A

BANDA ACEH - Kepala Bidang Pemerintahan Mukim dan gampong Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG), Safwan menyebutkan, penggunaan dana gampong sudah diatur dalam Peraturan walikota Banda Aceh Nomor 1 Tahun 2018 tentang tata cara pembagian dan penetapan rincian dana dana desa tahun anggaran 2018.

Ia menyebutkan pada pasal 10 disebutkan bahwa dana desa diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat meliputi, produk unggulan gampong atau kawasan pedesaan, BUMG atau BUMG bersama, Embung dan Sarana olahraga gampong sesuai dengan kewenangan gampong.

Selanjutnya dalam pasal 11 disebutkan, dana desa digunakan untuk membiayai pembangunan gampong yang ditujukan untuk kesejahtraan masyarakat gampong, peningkatan kualitas hidup manusia serta penangggulangan kemiskinan dengan prioritas penggunaan dana desa diarahkan untuk pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan gampong yang meliputi, pengadaan, pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan sarana dan prasarana dasar untuk pemenuhan kebutuhan lingkungan pemukiman, transportasi, energy, informasi dan komunikasi.

Selanjutnya untuk kesehatan masyarakat, pendidikan dan kebudayaan. Kemudian kesiapsiagaan menghadapi bencana alam, penanganan bencana alam dan pelestarian lingkungan hidup.

Selanjutnya kata dia, dalam perwal itu juga disebutkan bahwa dana desa digunakan untuk membiayai program dan kegiatan bidang pemberdayaan masyarakat gampong yang ditujukan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas masyarakat gampong dengan mendayagunakan potensi dan sumber dayanya sendiri sehingga gampong dapat menghidupi dirinya secara mandiri.

Kode:01
Rubrik:Breaking News

Komentar

Loading...