Kalau Bukan Karena UEFA

Salah Mungkin Masih di Roma

FOTO | IstimewaMohamed Salah menolak melakukan perayaan gol untuk menghormati mantan timnya, AS Roma
A A A
Kalau tak melakukan itu, kami takkan berada di semifinal Liga Champions. Laporan keuangan kami ada di bawah kontrol ketat UEFA. Dan ketika saya tiba di klub, ada penawaran 30 juta euro untuk Salah, tapi kemudian dengan bonus-bonus bisa naik ke 50 juta euro.

ROMA - Direktur Olahraga AS Roma Monchi mengaku menjual Mohamed Salah adalah satu-satunya jalan untuk klubnya. Jika bukan karena UEFA, Salah mungkin masih bertahan.

Salah meninggalkan Roma untuk bergabung ke Liverpool dengan nilai transfer yang bisa mencapai 50 juta euro termasuk bonus-bonus. Transfer tersebut dinilai jadi pembelian terbaik karena kiprah Salah sejauh ini.

Salah kini sudah bikin 43 gol dari hanya 47 penampilan di seluruh ajang kompetitif. Penyerang asal Mesir itu tinggal selangkah lagi membawa Liverpool ke final Liga Champions, setelah memenangkan mereka atas mantan timnya, Roma, di semifinal leg pertama.

Nilai transfer Salah jelas tak ada apa-apanya dibandingkan transfer-transfer top musim panas lalu seperti Neymar, Kylian Mbappe, Ousmane Dembele, dan Philippe Coutinho. Namun kontribusinya bisa dibilang melewati empat nama tersebut, mengingat bahkan tak satupun bisa membawa tim masing-masing sampai ke empat besar Liga Champions.

Bagi Roma, menjual Salah, terlebih dengan harga sedemikian murah, bisa dianggap sebuah kesalahan. Tapi Monchi pribadi mengakui Roma tak punya pilihan lain kecuali melepas si pemain karena ada tuntutan memenuhi aspek Financial Fair Play dari UEFA.

Eks direktur Sevilla ini pun mengucapkan selamat untuk Liverpool karena telah mendapatkan kesepakatan tersebut.

"Benar bahwa saya menjual Salah, tapi saya dipaksa oleh pembatasan UEFA. Penjelasannya adalah, musim panas lalu kami terpaksa untuk menjual pemain sebelum 30 Juni," kata Monchi kepada Onda Cero dilansir Football Italia.

"Kalau tak melakukan itu, kami takkan berada di semifinal Liga Champions. Laporan keuangan kami ada di bawah kontrol ketat UEFA. Dan ketika saya tiba di klub, ada penawaran 30 juta euro untuk Salah, tapi kemudian dengan bonus-bonus bisa naik ke 50 juta euro."

"Singkatnya, kami melakukan yang terbaik yang bisa kami lakukan pada saat itu. Saya tak memperkirakan bahwa bursa transfer akan menggila setelah itu, meskipun Salah sedang menjalani musim yang fantastis. Jadi selama untuk Liverpool karena menyelesaikan kesepakatan dengan kami," tambahnya.

Salah mencetak dua gol ke gawang Roma, Rabu (25/4/2018) dinihari WIB tadi di leg pertama semifinal Liga Champions, membawa Liverpool menang 5-2.

Kode:01
Sumber:detik.com
Rubrik:Sport

Komentar

Loading...