Pemko Sabang Salurkan Zakat

FOTO | Jalaluddin Z.Ky.
A A A

SABANG - Pemerintah Kota (Pemko) telah menyerahkan zakat kepada 10.739 jiwa masyarakat, diharapkan masyarakat dapat memamfaatkan zakat, untuk menambah kebutuhan bulan suci Ramadhan.

Wali Kota Sabang, Nazaruddin, menyerahkan langsung zakat secara simbolis kepada Keuchik yang mewakili warga, di Aula Kantor Wali Kota Sabang.

Nazaruddin, mengatakan penyerahan telah kami lakukan melalui Baitul Mal Kota Sabang, yang diserahkan zakat kepada senif fakir dan miskin yang jumlahnya sebanyak 10.739 jiwa. katanya.

Dijelaskan, para penerima antara lain senif miskin sebanyak 9.300 jiwa yang tergabung dalam 3.813 keluarga, sedangkan kepala keluarga menerima Rp 210 ribu dan anggota keluarga Rp 40 ribu.

Sementara untuk senif fakir yang menerima sebanyak 1.439 jiwa, yang tergabung dalam 1.130 keluarga, untuk senif fakir, kepala keluarga menerima Rp 500 ribu dan anggota keluarga Rp 175 ribu. Jumlah zakat yang disalurkan Baitul Mal untuk fakir dan miskin sebesar Rp1,99 miliyar. Jelasnya.

Wali Kota menambahkan zakat merupakan ibadah Maaliyah Ijtima’iyah yang memiliki posisi sangat penting, strategis dan menentukan, terutama dari sisi agama Islam dan juga sisi pembangunan ummatnya.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah diharapkan kiranya, Baitul Mal Kota Sabang selaku Organisasi Pemerintah yang mengelola zakat, supaya dapat penyaluran zakat dengan tepat sasaran serta disalurkan kepada yang orang yang berhak menerimanya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Baitul Mal Kota Sabang, Zulhilmi My S.Ag menerangkan, jumlah Anggaran Pendapatan Zakat Infaq dan Sadaqah ( ZIS ) tahun 2017 dan penyaluran tahun ini sebesar Rp5,4 Miliar. Terdiri atas zakat Rp 3,02 miliar, Infaq Rp1,87 miliar, dan sisa penyaluran infaq tahun 2017 Rp 596 juta.

Zakat dan Infaq yang disalurkan tersebut mengalami penurunan bila dibandingkan dengan tahun 2016. Hal itu dikarenakan, ada pelimbahan sekolah dari Kabupaten/Kota ke Provinsi, sehingga Zakat dan Infaq guru sekolah ikut disetor ke Baitul Mal Aceh.

Penulis:Jalaluddin Z.Ky
Kode:47
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...